Kompas TV nasional update

Kemenkes: Covid-19 Varian Delta Cenderung Menular Pada Anak

Kompas.tv - 25 Juni 2021, 15:08 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Mencatat hingga 20 Juni 2021, terdapat 160 kasus varian delta di tanah air.

Tersebar di Jawa Tengah 80 kasus, DKI Jakarta 57 kasus, Jawa Timur 10 kasus, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur, masing-masing 3 kasus.

Kemudian di Banten terdapat 2 kasus, serta Jawa Barat dan Gorontalo 1 kasus.

Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Maxi Rein Rondonuwu menyebut hasil pengamatan menunjukkan adanya kecenderungan varian delta menular pada anak-anak.

Epidemiolog Griffith University Australia, Dicky Budiman mengatakan tingginya kasus Covid-19 pada anak akibat kebijakan yang tidak berpihak pada anak.

Kesadaran orangtua terhadap protokol kesehatan juga berpengaruh atas kasus Covid-19 pada anak.

Di ibu kota, tingginya angka penularan Covid-19 termasuk pada anak-anak membuat Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meminta warga beribadah di rumah.

Masjid yang berada di zona merah Covid-19 diminta tidak menggelar shalat Jumat untuk sementara waktu.

Kembali mengingatkan, patuh terhadap protokol kesehatan yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak untuk menghindari kerumunan menjadi cara untuk mencegah penyebaran Covid-19.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x