Kompas TV nasional update

Liza Putri Noviana, Nakes RSD Wisma Atlet Pertama yang Gugur Karena Covid-19

Kompas.tv - 25 Juni 2021, 13:02 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dipimpin langsung Pangdam Jaya, Mayjen Mulyo Aji, ratusan tenaga kesehatan Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran memberikan penghormatan terakhir untuk teman sejawat mereka, Liza Putri Noviana.

Perawat yang mengabdi di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet sejak awal pandemi ini mengembuskan napas terakhirnya pada Kamis malam akibat terpapar corona.

Liza yang meninggalkan seorang suami dan tiga orang anak menjadi tenaga kesehatan pertama di RSD Wisma Atlet Kemayoran yang meninggal dunia akibat Covid-19.

Di Surabaya, Ikatan Dokter Indonesia cabang Surabaya mencatat 75 dokter saat ini terinfeksi Covid-19, 2 diantaranya meninggal dunia.

Sebagian besar dokter yang terinfeksi ini merawat dan menangani pasien corona secara langsung.

Pemerintah mengakui terjangan gelombang kedua kasus Covid-19 yang juga menginfeksi para dokter dan tenaga kesehatan membuat kewalahan.

Kamis (24/6/2021) kemarin, Indonesia mencatatkan rekor kasus tertinggi kasus Covid-19 harian dengan 20.574 kasus.

Angka ini menjadi angka kasus harian tertinggi sejak pandemi Covid-19 dinyatakan masuk indonesia awal Maret 2020 lalu.

DKI Jakarta menjadi provinsi dengan angka kasus Covid-19 tertinggi dengan lebih dari 7.500 kasus, disusul Jawa Tengah lebih dari 4.300 kasus, lalu Jawa Barat dengan 3.053 kasus, Jawa Timur 945 kasus, dan Yogyakarta 791 kasus.

Lonjakan kasus Covid-19 beberapa pekan terakhir ditambah banyaknya tenaga kesehatan yang juga ikut terinfeksi corona membuat Indonesia berada di ambang krisis layanan kesehatan.

Tenaga medis kewalahan, angka keterisian rumah sakit secara nasional sudah berada di atas 67 persen.

Di Jakarta, angka kematian akibat Covid-19 melonjak dalam tiga hari terakhir.

Dinas Kesehatan DKI Jakara mencatat tanggal 23 Juni kemarin menjadi puncak tertinggi jumlah pemakaman jenazah dengan prosedur Covid-19 dengan 180 jenazah.

22 Juni ada 150 jenazah yang dimakamkan dengan prosedur Covid-19, dan melonjak 180 pada tanggal 23 Juni, sementara 24 Juni hingga pukul 12.00 WIB sudah ada 132 jenazah yang dimakamkan dengan protap Covid-19.

Per tanggal 24 Juni, tingkat kematian akibat Covid-19 di DKI Jakarta mencapai 1,7 persen kasus.

Untuk menekan penularan kasus di tengah keterbatasan ruang isolasi, DKI Jakarta pun berjibaku menambah ruang isolasi.

Salah satunya adalah Masjid Kyai Hasyim Asyari di Daan Mogot, Jakarta Barat, yang kini siap menampung sekitar 100 pasien Covid-19 tak bergejala jika rumah sakit darurat Wisma Atlet tak bisa lagi menampung tambahan pasien.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x