Kompas TV nasional sosial

25 Juni, Selamat Hari Pelaut Sedunia

Kompas.tv - 25 Juni 2021, 05:20 WIB
25-juni-selamat-hari-pelaut-sedunia
Poster tentang Hari Pelaut Sedunia yang jatuh setiap tanggal 25 Juni. (Sumber: Twitter kemenhub)
Penulis : Gading Persada | Editor : Hariyanto Kurniawan

SOLO, KOMPAS.TV- Pada hari ini, tepat pada tanggal 25 Juni, dunia memperingati Hari Pelaut. Banyak hal sudah dilakukan para pelaut untuk perkembangan zaman. Lantas bagaimana tanggal 25 Juni bisa ditetapkan sebagai Hari Pelaut Sedunia?

Melansir laman resmi Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kamis (24/6/2021), Hari Pelaut Sedunia pertama kali diperkenalkan pada Amandemen Manila bulan Juni tahun 2010 yang mengadopsi revisi besar terhadap Konvensi STCW dan Kode terkait. 

Pada kesempatan ini Konferensi Diplomatik sepakat bahwa kontribusi yang dibuat oleh para pelaut untuk perdagangan internasional harus diakui dan diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Pelaut Sedunia.

Konvensi STCW adalah konvensi internasional tentang standar latihan, sertifikasi, dan dinas jaga untuk pelaut yang menetapkan kualifikasi standar untuk kapten, perwira, dan petugas penjaga di atas kapal niaga yang berlayar. 

Konvensi STCW dilahirkan pada 1978 dari konferensi Organisasi Maritim Internasional (IMO) di London dan mulai diterapkan pada tahun 1984.

Konvensi ini mengalami perubahan yang besar pada tahun 1995. Tanggal 25 Juni yang dipilih sebagai Hari Pelaut Sedunia merupakan hari di mana Amandemen tersebut secara resmi diadopsi. 

Baca Juga: Jelang Hari Pelaut Sedunia 2021, Kemenhub Gelar Vaksinasi Covid-19 Gratis bagi Pelaut Indonesia

Hari Pelaut Sedunia pertama kali diperingati pada tahun 2011 saat IMO mengampanyekan dan menggalang dukungan dari seluruh masyarakat dunia untuk mengucapkan terima kasih kepada para Pelaut.

Pada tahun 2011 itu, IMO menggunakan bentuk kampanye online menggunakan jaringan media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn dan Youtube.

Pada hari ini, komunitas pelaut internasional kembali memperingati Hari Pelaut Sedunia. Peringatan Hari Pelaut Sedunia tahun 2021 akan mencanangkan tema “Seafarers: At the core of shipping’s future”.

Kontribusi Pelaut bagi Berkembangnya Perekonomian

Pelaut memiliki kontribusi penting dalam perdagangan dan perekonomian dunia. Oleh karena itu melalui Hari Pelaut Sedunia, masyarakat dunia memberikan pengakuan atas jasa mereka hingga
setiap tahun diselenggarakan peringatan sebagai bentuk pengakuan dan apresiasi atas kontribusinya.

Para pelaut dari seluruh dunia berperan sangat penting pada perdagangan global dan perekonomian dunia.

Baca Juga: Empat Tahun Sendirian di Atas Kapal yang Kandas, Pelaut Ini Akhirnya Bisa Pulang



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x