Kompas TV internasional kompas dunia

Kasus Covid-19 Varian Delta Plus di India Naik Jadi 40 Lebih

Kompas.tv - 23 Juni 2021, 23:27 WIB
kasus-covid-19-varian-delta-plus-di-india-naik-jadi-40-lebih
Sebuah forum penasihat ilmiah yang dibentuk oleh pemerintah India pada 01 Mei 2021 memberi tahu pihak berwenang tentang mutasi kecil pada beberapa sampel virus Corona, yang mungkin dapat menghindari respons kekebalan tubuh, dan temuan tersebut memerlukan studi lebih lanjut. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

NEW DELHI, KOMPAS.TV - Jumlah kasus Covid-19 dengan strain atau varian virus Delta Plus di India naik menjadi sekitar 40. Demikian disampaikan para pejabat setempat pada Rabu (23/06/2021) seperti dilansir Xinhua.

Galur (strain) Delta Plus, yang awalnya ditandai sebagai Variant of Interest kemudian dinyatakan sebagai Variant of Concern (VOC) oleh pemerintah India.

Pada Selasa (22/06/2021) jumlah kasus varian Delta Plus di India mencapai 22 dan infeksi ditemukan di distrik Ratnagiri dan Jalgaon di Negara Bagian Maharashtra, distrik Palakkad dan Pathanamthitta di Negara Bagian Kerala, serta distrik Bhopal dan Shivpuri di Negara Bagian Madhya Pradesh.

"Sampai saat ini, di antara sampel (berjumlah lebih dari 45.000) yang diurutkan genomenya di India, varian ini ditemukan secara sporadis di Maharashtra, Kerala, dan Madhya Pradesh, dengan sekitar 40 kasus diidentifikasi sejauh ini dan tidak ada peningkatan prevalensi yang signifikan," kata pernyataan yang dikeluarkan oleh pemerintah India.

Hari Selasa, pemerintah federal mengirim peringatan ke negara bagian Maharashtra, Kerala, dan Madhya Pradesh mengenai kasus varian virus Delta Plus yang ditemukan di wilayah tersebut.

Baca Juga: Setelah Varian Delta, India Umumkan Temuan Virus Covid-19 Varian Delta Plus, Ada di 3 Negara Bagian

Seorang pasien COVID-19 dengan bantuan oksigen dibawa ke Rumah Sakit Umum Rajiv Gandhi di Chennai, India, Senin, (17/5/2021) (Sumber: AP PHOTO/R PARTHIBHAN)

Pemerintah federal India mendesak negara-negara untuk segera meluncurkan tindakan termasuk mencegah kerumunan dan pertemuan, serta memulai pengujian secara luas, pelacakan yang cepat, dan vaksinasi berdasarkan prioritas.

Kasus varian Delta Plus dilaporkan pada saat India melaporkan jumlah kasus harian yang lebih rendah dan pemerintah daerah di sejumlah negara bagian India mencabut pembatasan terkait Covid-19.

Varian Delta Plus adalah versi mutan dari varian Delta yang pertama kali terdeteksi di India. Virus Corona ini dianggap sangat menular dan cepat menyebar.

Laporan itu juga menyebut bahwa para ahli di Maharashtra khawatir varian baru ini berpotensi memicu gelombang ketiga wabah Covid-19.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x