Kompas TV internasional kompas dunia

Setelah Varian Delta, India Umumkan Temuan Virus Covid-19 Varian Delta Plus, Ada di 3 Negara Bagian

Rabu, 23 Juni 2021 | 18:44 WIB
setelah-varian-delta-india-umumkan-temuan-virus-covid-19-varian-delta-plus-ada-di-3-negara-bagian
Ilustrasi virus corona, penyebab Covid-19. Seperti dilansir Xinhua, Selasa, (23/06/2021), kementerian itu saat ini mengkategorikan Delta Plus sebagai variant of interest (VOI) atau varian virus Covid-19 yang menjadi perhatian. (Sumber: Shutterstock)

NEW DELHI, KOMPAS.TV -- Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga India pada Selasa (22/06/2021) memperingatkan negara bagian Maharashtra, Kerala, dan Madhya Pradesh tentang varian baru Covid-19 yang disebut varian Delta Plus.

Seperti dilansir Xinhua, Selasa, (23/06/2021), kementerian itu mengategorikan Delta Plus sebagai variant of interest (VOI) atau varian virus Covid-19 yang menjadi perhatian.

"Berdasarkan temuan Indian SARS-CoV-2 Genomic Consortia (INSACOG) baru-baru ini, kementerian telah memperingatkan dan menginformasikan kepada Maharashtra, Kerala, dan Madhya Pradesh mengenai varian Covid-19 Delta Plus yang ditemukan di beberapa distrik di negara-negara bagian itu," kata pihak kementerian dalam sebuah pernyataan.

Varian Delta Plus, versi mutasi dari galur Delta yang pertama kali terdeteksi di India, telah ditemukan pada 22 kasus di tiga negara bagian ini.

Menurut sejumlah laporan, para ahli di Maharashtra khawatir varian baru tersebut berpotensi memicu gelombang ketiga. Delta Plus dianggap sangat menular dan menyebar dengan cepat.

Baca Juga: Langkah Menghindari Virus Covid-19 Varian Delta yang Terkenal Ganas

Dalam file foto 27 April 2021 ini, petugas kesehatan membawa pasien untuk dirawat di rumah sakit pemerintah COVID-19 di Ahmedabad, India. (Sumber: AP Photo/Ajit Solanki)

"Menteri Kesehatan menyampaikan kepada tiga negara bagian bahwa varian ini telah ditemukan dalam sampel sekuens genom dari distrik Ratnagiri dan Jalgaon di Maharashtra, distrik Palakkad dan Pathanamthitta di Kerala, serta distrik Bhopal dan Shivpuri di Madhya Pradesh," tambah pernyataan itu.

Tugas INSACOG tidak hanya mengurutkan keseluruhan genom, tetapi juga memberikan masukan yang tepat waktu terkait langkah-langkah respons kesehatan masyarakat yang tepat untuk diadopsi oleh negara bagian.

"INSACOG telah menginformasikan bahwa varian Delta Plus, yang saat ini merupakan VOC, memiliki karakteristik peningkatan kemampuan penularan, mampu mengikat lebih kuat pada reseptor sel paru-paru, dan berpotensi mengurangi respons antibodi monoklonal," kata kementerian itu.

"Saat ini Delta Plus adalah variant of interest, bukan variant of concern," kata Rajesh Bhushan, pejabat senior kementerian kesehatan. 

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:53
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19