Kompas TV regional kesehatan

Waspada Bercak & Tahi Lalat Kanker Kulit Melanoma - AYO SEHAT

Kompas.tv - 23 Juni 2021, 20:06 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPASTV - Penyakit kanker kulit adalah pertumbuhan sel kulit tidak normal di bagian kulit. Melansir dari laman kompas.com, masalah kesehatan ini biasanya muncul di bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari seperti wajah, dada, lengan, bibir, telinga, atau tangan. Namun tidak menutup kemungkinan kanker kulit tumbuh di bagian tubuh lainnya seperti bawah kuku, telapak kaki, telapak tangan, hingga alat kelamin.

Jenis kanker kulit yang sering menyerang adalah karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan melanoma. Di antara ketiga jenis kanker kulit tersebut, melanoma dianggap paling berbahaya, karena menyebabkan sebagian besar kematian setiap tahunnya.

Gejala kanker kulit melanoma biasanya diawali dengan munculnya tahi lalat, atau bercak mirip tanda lahir yang tidak biasa.

Dilansir dari american cancer society, ada sejumlah ciri-ciri kanker kulit melanoma yang perlu diwaspadai antara lain, muncul tahi lalat, atau bercak dengan bentuk tidak simetris. Bagian tepi tidak merata, dan diameternya lebih besar dari 6 milimeter.

Tahi lalat, atau bercak terasa sakit, gatal, atau nyeri saat ditekan. Bagian permukaan tahi lalat, atau bercak bersisik atau berdarah. Muncul seperti ruam kemerahan, atau bengkak di bagian batas tahi lalat. Bercak mirip ruam kemerahan terus menyebar, atau meluas ke bagian sekitar tahi lalat atau benjolan.

Menurut skin cancer foundation, kanker kulit melanoma biasanya bisa disembuhkan bila dideteksi dan diobati sejak dini. Namun jika melanoma menyebar ke bagian kulit atau tubuh lainnya, penyakit ini jadi sulit disembuhkan dan bisa berdampak fatal.

Lalu seperti apa pencegahan dan penanganannya?, temukan jawabannya di ayo sehat.

Follow us:

Instagram : @ayosehat_kompastv



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x