Kompas TV regional update corona

5 Personel TRC BPBD Yogyakarta Tertular Covid-19 Bukan dari Pemakaman

Kompas.tv - 22 Juni 2021, 18:16 WIB
5-personel-trc-bpbd-yogyakarta-tertular-covid-19-bukan-dari-pemakaman
Ilustrasi virus corona, penyebab Covid-19 di Yogyakarta. (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Fadhilah

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Lima personel Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Yogyakarta tertular Covid-19. Hal itu dibenarkan Kepala BPBD Yogyakarta Nur Hidayat yang menyebutkan personel TRC terkonfirmasi positif Covid-19. 

"Sudah ada lima orang yang terkonfirmasi positif, dan masih menunggu hasil 24 orang lainnya," ujarnya, Senin (21/5/2021).

Nur Hidayat menduga bahwa penyebab penularan berasal dari luar proses pemakaman.

Sebab, selama ini personel telah ratusan kali melakukan pemakaman dengan protokol kesehatan ketat dan tidak tertular Covid-19.

Baca Juga: Target Vaksinasi Covid-19 Warga Yogyakarta Selesai Agustus 2021

"Kemungkinan tertular saat tidak bertugas," ucapnya.

Ia mengimbau seluruh masyarakat termasuk para ASN untuk terus menerapkan protokol kesehatan, termasuk dalam hal penyemprotan disinfektan.

Saat ini sudah terbentuk Kampung Tanggap Bencana (KTB) yang salah satu tugasnya melakukan penyemprotan cairan disinfektan.

Organisasi perangkat daerah (OPD) juga diharapkan melaksanakan sterilisasi secara mandiri dan membatasi kegiatan yang membuat orang berkumpul, termasuk rapat bisa dilakukan secara daring.

Baca Juga: Warga Yogyakarta Tak Perlu Panik Ada Wacana Lockdown, Ini Alasannya

Terkait pelayanan pemakaman, ia sudah berkoordinasi dengan BPBD DIY. Pelayanan jenazah di wilayah BPBD Yogyakarta tetap dilakukan dengan bantuan dari BPBD DIY.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x