Kompas TV nasional kesehatan

Sejumlah Industri Keuangan Lakukan Vaksinasi Goyong Royong untuk Mempercepat Herd Immunity

Kompas.tv - 21 Juni 2021, 18:11 WIB
sejumlah-industri-keuangan-lakukan-vaksinasi-goyong-royong-untuk-mempercepat-herd-immunity
Karyawan menerima vaksin Sinopharm di sentra vaksinasi gotong royong, lapangan tenis indoor Senayan, komplek Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (19/6/2021). (Sumber: Kompas.id/Priyombodo )
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Vaksinasi diharapkan pemerintah dapat segera membentuk herd immunity (kekebalan kelompok) di Indonesia. Hal itu yang kemudian menggerakkan sejumlah pihak untuk melaksanakan vaksinasi massal.

Salah satunya dari Perhimpunan Bank umum Nasional (Perbanas) yang telah memulai vaksinasi massal untuk karyawan bank di kawasan Tennis Indoor, Senayan, Jakarta. Hal itu kemudian diapresiasi sejumlah pihak.

Direktur Utama PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir mengatakan, sebagai pengemban tugas dari Pemerintah untuk melaksanakan dan mendistribusikan vaksin Covid-19 sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10/2021, pihaknya mendukung sepenuhnya program Vaksinasi Gotong Royong yang digelar Perbanas sejak Sabtu (19/6/2021) lalu.

”Seperti diketahui, pemerintah dan kalangan swasta tengah berupaya mengejar target 20 juta karyawan swasta yang ikut dalam program ini, dapat terealisasi secara bertahap,” ujarnya.

Diketahui, Perbanas menggandeng Bio Farma dan Kimia Farma untuk menyediakan vaksin Sinopharm yang sudah memperoleh izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebagai salah satu vaksin yang aman.

Hal senda diungkapkan oleh  Plt Direktur Utama PT Kimia Farma Diagnostika (KFD) Agus Chandra, pihaknya sangat mengapresiasi kiprah Perbanas dalam membantu pemerintah yang menginginkan herd immunity (kekebalan kelompok) di Indonesia segera terbentuk.

Baca Juga: Perbanas Targetkan 65.000 Karyawan Bank untuk Vaksinasi Gotong Royong

”Melalui program ini, kami juga berharap herd immunity di kelompok Perbanas dapat terbentuk. Dengan demikian, seluruh bank peserta Perbanas dapat melayani nasabahnya dengan lebih tenang dan nyaman,” kata Agus.

Dalam proses penyuntikan vaksin, lanjut Agus, Bio Farma telah menunjuk KFD sebagai pelaksana. Oleh karena itu, Agus memastikan bahwa KFD berkomitmen untuk melaksanakan amanat tersebut sesuai petunjuk teknis Kementerian Kesehatan dan standard operational procedure (SOP).

Tak hanya itu, Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Rosan P Roeslani menyatakan pihaknya mengapresiasi langkah Perbanas dan pelaku industri sektor keuangan yang terus berkomitmen dalam percepatan vaksinasi Gotong Royong yang sebelumnya telah diinisiasi oleh Kadin.

”Antusiasme ini sangat positif dan kami harap hal ini dapat segera dilakukan secara menyeluruh di daerah," tutur Rosan.

Industri Keuangan

Sebelum Perbanas, OJK juga mengadakan vaksinasi massal untuk pelaku jasa industri keuangan mulai Rabu (16/6/2021). Vaksinasi untuk sektor jasa keuangan ditargetkan sebanyak 100.000 peserta.

Vaksinasi massal untuk sektor jasa keuangan ini tak hanya dilakukan di Jakarta, tetapi juga dilakukan di 10 kantor regional OJK lainnya. Di masing-masing kantor, terdapat 1.000 pelaku industri jasa keuangan yang memperoleh vaksinasi.

Selain itu, sekitar sebulan sebelumnya, Senin (24/5/2021), PT Bank Central Asia Tbk memulai vaksinasi gotong royong untuk karyawannya. Diperkirakan sebanyak 50.000–60.000 karyawan ditambah keluarganya yang akan menerima vaksinasi ini.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Vaksinasi Gotong Royong di Sejumlah Daerah Dipercepat



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x