Kompas TV klik360 sinau

Italia, Kandidat Kuat Juara Piala Eropa yang Terlahir Kembali

Senin, 21 Juni 2021 | 20:01 WIB

KOMPAS.TV - Timnas Italia melaju mulus ke babak 16 besar Piala Eropa 2020 dengan torehan 3 kemenangan. Sejauh ini, performa Italia menunjukkan mereka dapat menjadi kandidat terkuat juara Piala Eropa 2020.

Padahal, sebelumnya Italia sempat tak lolos ke Piala Dunia 2018 setelah kalah dari Swedia di babak playoff pada 2017.

Kekalahan itu membuat manajer timnas Italia saat itu Gian Piero Ventura kehilangan pekerjaannya.

Sementara, Carlo Tavecchio mengundurkan diri dari jabatan presiden Federasi Sepakbola Italia. Tak cuma itu, sejumlah pemain senior memutuskan pensiun dari timnas Italia.

Lalu, Roberto Mancini ditunjuk menjadi manajer pada 2018 dan melakukan perombakan besar.

Menjelang Piala Eropa 2020, ia memanggil para pemain berpengalaman dan para pemain muda berbakat.

Nama-nama pemain muda, seperti Manuel Locatelli, Gianluigi Donarruma dan Federico Chiesa melengkapi para veteran, seperti Giorgio Chiellini, Lorenzo Insigne, dan Jorginho.

Melansir The Athletic, Mancini juga mengubah Italia yang lekat dengan cattenacio atau strategi pertahanan gerendel menjadi tim yang cenderung menyerang.

Italia menerapkan formasi 4-3-3 yang dapat berubah seusai keadaan. Saat menyerang, formasi ini bakal berubah menjadi 3-2-5 di mana bek kiri dan satu gelandang mereka akan naik membantu serangan.

Tempo permainan ini bergantung pada dua playmaker, biasanya Jorginho dan Marco Veratti, yang dapat digantikan Manuel Locatelli.

Dua playmaker ini bekerja layaknya Xavi dan Andreas Iniesta yang menjadi sumbu permainan Spanyol saat menjuarai Piala Dunia 2010.

Perubahan taktik ini segera menunjukkan hasil memuaskan. Kini, Italia telah sedang berada dalam performa puncak dengan 30 pertandingan tanpa terkalahkan.

Dalam 3 pertandingan babak grup Piala Eropa 2020, Italia bahkan berhasil mencetak 7 gol tanpa kebobolan sama sekali.(*)

Grafis: Arief Rahman

Penulis : Gempita Surya

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:15
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19