Kompas TV internasional kompas dunia

Serangan Bersenjata di Perbatasan AS Meksiko, 14 Orang Tewas, Diduga Konflik Kartel Narkoba

Kompas.tv - 21 Juni 2021, 05:57 WIB
serangan-bersenjata-di-perbatasan-as-meksiko-14-orang-tewas-diduga-konflik-kartel-narkoba
Serangan penembakan oleh sekelompok orang dalam sejumlah kendaraan terjadi di beberapa kawasan di kota Reynosa yang merupakan perbatasan antara Meksiko dan Amerika Serikat. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Iman Firdaus

REYNOSA, KOMPAS.TV – Sekelompok orang bersenjata di dalam sejumlah mobil melakukan aksi penembakan di kota Reynosa di perbatasan Meksiko dan Amerika Serikat (AS), hingga menewaskan 14 orang. Serangan itu juga menimbulkan kepanikan. Pasukan keamanan membalas serangan hingga menewaskan empat tersangka, temasuk seorang tersangka yang tewas dekat jembatan perbatasan.

Melansir Associated Press pada Minggu (20/6/2021), sejumlah serangan bersenjata dimulai pada Sabtu (19/6/2021) sore di beberapa kawasan di timur Reynosa yang berbatasan dengan kota McAllen, Texas, AS. Sejumlah foto yang beredar di media sosial memperlihatkan  belasan mayat bergelimpangan di jalanan.

Baca Juga: Reuni Keluarga pada Acara Hugs Not Walls di Perbatasan Meksiko-Amerika Serikat

Pihak berwenang belum berkomentar terkait kemungkinan motif sejumlah serangan tersebut. Aktivitas kriminal di kawasan itu sejak lama didominasi oleh Kartel Teluk, sebuah jaringan organisasi perdagangan narkoba di Meksiko.  Namun, belakangan terjadi perpecahan dalam kelompok kriminal itu.

Wali Kota Reynosa Maki Esther Ortiz Dominguez mendesak penyelidikan terkait serangan tersebut. “Warga kota harus dilindungi,” katanya.

Baca Juga: Istri Bos Kartel Meksiko El Chapo Akui Bersalah Telah Membantu Menjalankan Bisnis Kejahatan Suaminya

Usai serangan itu, tentara Meksiko, Garda Nasional AS, kepolisian negara bagian dan pasukan keamanan setempat dikerahkan. Dalam penyisiran yang digelar, pihak berwenang menangkap seseorang yang tampaknya tengah menculik dan menyekap dua orang perempuan dalam bagasi mobilnya. Pihak keamanan juga menyita tiga unit kendaraan.

Baca Juga: Di Meksiko, Bukan Polisi yang Memburu Penjahat, tapi Sebaliknya

Kota Reynosa menjadi titik penyeberangan kunci bagi para imigran Meksiko yang hendak menuju ke AS.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x