Kompas TV internasional kompas dunia

Istri Bos Kartel Meksiko El Chapo Akui Bersalah Telah Membantu Menjalankan Bisnis Kejahatan Suaminya

Jumat, 11 Juni 2021 | 05:24 WIB
istri-bos-kartel-meksiko-el-chapo-akui-bersalah-telah-membantu-menjalankan-bisnis-kejahatan-suaminya
Emma Coronel Aispuro, istri bos kartel narkoba Meksiko El Chapo. (Sumber: AP Photo)

WASHINGTON, KOMPAS.TV – Istri bos kartel narkoba Meksiko Emma Coronel Aispuro (31) mengaku bersalah atas dakwaan telah membantu suaminya, Joaquin “El Chapo” Guzman, menjalankan bisnis kriminalnya.

Melansir Associated Press, Aispuro yang tampak mengenakan seragam penjara berwarna hijau, muncul di pengadilan federal di Washington, Amerika Serikat (AS) pada Kamis (10/6/2021). Ia mengaku bersalah atas tiga pelanggaran federal sebagai bagian dari kesepakatan pembelaan dengan jaksa penuntut federal.  

Tuduhan tersebut termasuk berkonspirasi dengan sadar dan sengaja untuk mendistribusikan heroin, kokain, mariyuana dan metamfetamin selama beberapa tahun. Ia juga mengaku bersalah atas tuduhan konspirasi pencucian uang dan terlibat dalam transaksi dengan pengedar narkotika asing.

Baca Juga: Amerika Serikat Tangkap Ratu Narkoba Meksiko, Istri El Chapo

Aispuro ditangkap pada Februari lalu di Bandara Internasional Dulles di Virginia dan sejak itu ditahan dalam penjara.

Jeffrey Lichtman, pengacara Emma Coronel Aispuro, istri bos kartel narkoba Meksiko El Chapo saat berbicara pada para wartawan di luar gedung pengadilan federal di Washington, Amerika Serikat pada Kamis (10/6/2021). (Sumber: AP Photo/Susan Walsh)

“Dia sangat senang untuk melupakan ini,” ujar pengacara Aispuro, Jeffrey Lichtman, di luar gedung pengadilan. “Dia tidak menyangka akan ditangkap setelah suaminya dipenjara seumur hidup. Jadi, ini benar-benar masa yang sulit baginya. Tapi kami akan melalui ini.”

Jaksa menuduh Aispuro “bekerja erat dengan struktur komando-dan-kontrol” kartel Sinaloa dan berkonspirasi mendistribusikan narkoba dalam jumlah besar yang akan diselundupkan ke AS.

Baca Juga: Di Meksiko, Bukan Polisi yang Memburu Penjahat, tapi Sebaliknya

Sebagai raja narkoba paling berkuasa di Meksiko, tuding jaksa, El Chapo menjalankan kartel yang bertanggung jawab atas penyelundupan kokain dan sejenisnya ke AS selama masa 25 tahun kekuasaannya. Jaksa juga menambahkan, “pasukan sicarios” atau “para pembunuh” El Chapo diperintahkan untuk menculik, menyiksa dan membunuh siapa pun yang menghalangi.

Menurut Anthony Nardozzi sang jaksa penuntut, istri El Chapo telah “membantunya dan bersekongkol” sesuai tujuan kartel Sinaloa dalam menyelundupkan narkoba ke AS. Aispuro juga telah membantu mengimpor lebih dari 450.000 kilogram (kg) kokain, 90.000 kg heroin, 45.000 kg metamfetamin dan sekitar 90.000 mariyuana.

Pendiri kartel Sinaloa, Joaquin ‘El Chapo’ Guzman (Sumber: AP Photo)

Namun, Lichtman sang pengacara bersikeras, peran Aispuro sangat minim dalam kerajaan narkoba itu. “Ia merupakan bagian yang sangat kecil dalam (kerajaan obat bius) besar ini,” kilah Lichtman.

Penulis : Vyara Lestari

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:21
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19