Kompas TV nasional kesehatan

Kasus Positif Covid-19 DKI Tinggi, Anies Baswedan: Ini Perjuangan Semesta, Semua Harus Terlibat

Kompas.tv - 19 Juni 2021, 01:05 WIB
kasus-positif-covid-19-dki-tinggi-anies-baswedan-ini-perjuangan-semesta-semua-harus-terlibat
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saan memantau vaksinasi di Puskesmas Sunter Agung 3, Kamis (18/6/2021) (Sumber: Twitter: Anies Baswedan)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, penanggulangan Covid-19 tidak bisa hanya mengandalkan dari penegakan kedisiplinan oleh pemerintah saja. Penegakan kedisiplinan harus dilakukan oleh semua pihak demi menyelamatkan sesama warga Jakarta dan sesama warga Indonesia.

“Pengawasannya harus bersama-sama, ini perjuangan semesta semua harus terlibat, semua harus ambil tanggung jawab,” kata Anies Baswedan, Jumat (18/6/2021).

“Kemudian di lapangan nanti petugas-petugas kita akan memastikan bahwa protokol kesehatan seperti penggunaan masker, jumlah orang,” tambahnya.

Merespons peningkatan jumlah kasus Covid-19, Anies mengatakan pihaknya akan melakukan operasi penertiban.

“Seluruh kegiatan yang ada di Jakarta harus tutup pada pukul sembilan malam dan petugas kita akan memeriksa, akan mengawasi, dan menindak bila terjadi pelanggaran,” kata Anies.

Baca Juga: Jakarta Memanggil, Pemprov DKI Kembali Buka Lowongan Kerja Tenaga Kesehatan

“Dan kami meminta kepada seluruh masyarakat bila menyaksikan pelanggaran, laporkan, gunakan aplikasi Jaki. Laporkan di situ. Sehingga kami bisa bertindak,” tambahnya.

Selain itu, Anies menegaskan pusat pertokoan, pusat kegiatan di mana masyarakat datang harus pastikan kapasitasnya maksimal 50%.

“Jangan kompromi demi mendapatkan keuntungan lebih besar hari ini, manfaat terbesar yang harus kita kejar adalah keselamatan warga. Makin kita disiplin, makin cepat Pandemi ini selesai, makin kita peduli sesama makin sedikit yang terpapar,” ujarnya.

“Jadi saya minta kepada semuanya nomorsatukan keselamatan, itulah kunci yang harus kita pegang erat-erat,” lanjutnya.

Baca Juga: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Minta Warga Tak Keluar Rumah saat Akhir Pekan, Ada Apa?

Dalam pernyataannya, Anies Baswedan juga meminta kepada warga DKI Jakarta untuk tetap berada di rumah selama akhir pekan.

“Hari Sabtu dan hari Minggu, gunakan hari jeda ini sebagai hari tinggal di rumah seluruh masyarakat, di masa hari Sabtu dan Minggu bersama keluarga. Bersama dengan keluarga di rumah, jangan berpergian kecuali ada kebutuhan mendesak,” tegas Anies.

Sebagai informasi, kasus Covid-19 dalam waktu satu minggu terakhir mengalami lonjakan yang signifikan. Hal tersebut ditandai dengan lebih dari 1.000 pasien Covid-19 yang datang ke Wisma Atlet dan Pademangan dalam waktu satu hari.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.