Kompas TV regional update corona

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Minta Warga Tak Keluar Rumah saat Akhir Pekan, Ada Apa?

Kompas.tv - 18 Juni 2021, 15:44 WIB
gubernur-dki-jakarta-anies-baswedan-minta-warga-tak-keluar-rumah-saat-akhir-pekan-ada-apa
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Sumber: KOMPAS/ TOTOK WIJAYANTO)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta seluruh masyarakat Ibu Kota untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah saat akhir pekan ini.

Anjuran ini disampaikan Anies guna menekan penularan Covid-19 di Jakarta, mengingat provinsi tersebut tengah mengalami lonjakan kasus yang cukup mengkhawatirkan. 

"Kami menganjurkan seluruh masyarakat di Jakarta dan sekitarnya, hari Sabtu-Minggu besok di rumah saja, kecuali ada kebutuhan yg mendesak dan mendasar," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (18/6/2021). 

Anies juga meminta kesadaran warga untuk dapat mengurangi mobalitas di tengah angka kasus Covid-19 yang meningkat. 

Eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini juga tak bosan untuk mengingatkan warga agar dapat terus menerapkan protokol kesehatan (prokes). 

Baca Juga: Tekan Penyebaran Covid-19 di Jakarta, Polda Metro Jaya Perketat Operasi Yustisi

"Saat ini kita masih dalam kondisi pandemi, karena itu taati protokol kesehatan, gunakan masker, jaga jarak, kemudian cuci tangan, di hari-hari ke depan tetap di rumah kecuali ada kebutuhan mendesak," tegas Anies. 

Tak hanya Sabtu dan Minggu pekan ini, anjuran untuk beraktivitas di rumah ini juga akan diberlakukan di hari libur lainnya.  

"Ini kesempatan bagi kita semua untuk sama-sama keluarga tidak bepergian, mengurangi aktivitas yang berpotensi ada penularan," jelas Anies.

Seperti diketahui, pada Kamis (17/6/2021), DKI Jakarta mencatat lebih dari 4.000 kasus positif Covid-19 dalam sehari.  

Baca Juga: Kapolda Metro: Covid Naik, Jakarta Tidak Baik-baik Saja

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Dwi Oktavia menambahkan, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta, setelah dilakukan tes PCR pada 16.499, hasilnya 4.144 orang positif Cov-19 dan 12.355 negatif.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran juga mengungkapkan bahwa situsasi Jakarta saat ini sedang dalam keadaan tidak baik karena lonjakan kasus Covid-19.

"Saya titip salam kepada teman-teman wartawan, sampaikan kepada masyarakat, Jakarta sedang tidak baik-baik saja, angka Covid terus naik," ungkap Fadil, kemarin.

Sebab itu jenderal polisi bintang dua tersebut meminta masyarakat agar terus menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin, sehingga penularan Covid-19 dapat terkendali.

Baca Juga: Epidemiolog dan Satgas Angkat Bicara Terkait Lonjakan Kasus Covid-19 di DKI Jakarta



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x