Kompas TV nasional peristiwa

UIN Sunan Kalijaga Paling Banyak Peminat di UMPTKIN 2021

Kompas.tv - 16 Juni 2021, 16:19 WIB
uin-sunan-kalijaga-paling-banyak-peminat-di-umptkin-2021
UIN Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta raih peringkat pertama dalam seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) 2021. (Sumber: Dok. Humas UIN Sunan Kalijaga)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - UIN Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta raih peringkat pertama peminat terbanyak dalam seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) 2021.

Hal tersebut disampaikan dalam rapat kelulusan jalur seleksi UMPTKIN tahun 2021 di Ternate, Maluku Utara. Rapat tersebut digelar selama tiga hari, sejak 15 hingga 17 Juni 2021.

“Sangat terkesan dan bersyukur serta berterima kasih kepada semua pihak. Ini menandakan UIN Sunan Kalijaga terbuka bagi semua etnis, budaya, tradisi dan mazhab. Sesuai dengan jargon bahwa UIN Yogya siap menopang bangsa, siap mendunia,” kata Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr.Phil. Al Makin, S.Ag., M.A., dalam rilis yang diterima Kompas TV, Rabu (16/6/2021).

Menurut Al Makin, peminat di UIN Sunan Kalijaga tahun ini semakin banyak. Sebab, pada tahun sebelumnya, kampus yang terletak di Jl. Laksda Adisucipto, Yogyakarta ini hanya berada di peringkat ketiga.

Baca Juga: 5 Rekor BTS yang Tercatat di Guinness World Record Berkat Lagu `Butter`

Diketahui, peserta UMPTKIN yang mengikuti ujian sebanyak 100.328 peserta. Adapun UIN Sunan Kalijaga memiliki jumlah peminat terbanyak, yakni sebanyak 13.431 orang. Sementara itu, peringkat dua UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan jumlah peminat 12.455 orang. Peringkat ketiga, yaitu UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan jumlah peminat 12.376 orang.

Peringkat keempat, yaitu UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan 8.384 peminat dan peringkat kelima UIN Alauddin Makassar dengan peminat sebanyak 7.642 orang.

Jumlah keseluruhan pada jalur UM-PTKIN ini, rata-rata diminati oleh peserta dengan latar belakang MA dan Pesantren menempati urutan pertama sebanyak 46.109, disusul SMA sebanyak 41.457, dan SMK sebanyak 12.472.

Baca Juga: Rektor UIN Jakarta Setuju Ada Pembatasan Kuota Mahasiswa ke Timur Tengah

Wakil Rektor I bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Suka Prof. Iswandi Syahputra menambahkan banyaknya peminat yang ingin menjadi mahasiswa di UIN Suka lantaran ada daya tarik tersendiri. Salah satunya suasana kampus yang berada di kota pendidikan, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain itu juga karena mayoritas program studi yang ada di UIN Suka sudah terakreditasi A.

“Prodi-prodi kita mayoritas terakreditasi A, jurnal kita rata-rata sudah terindeks scopus dan sinta, serta sedang mempersiapkan akreditasi internasional," tambah Iswandi.

Meskipun jalur UMPTKIN telah resmi ditutup, hingga kini UIN Sunan Kalijaga masih membuka kesempatan bagi calon mahasiswa. Ada dua jalur yang dapat dicoba, yaitu jalur mandiri CBT 2 dan Portofolio. Informasi lebih lengkap, dapat diakses pada laman https://admisi.uin-suka.ac.id, Whatsapp 0817-2302-020, dan instagram @uinsk.

Baca Juga: IAIN Resmi Jadi UIN Kiai Haji Achmad Siddiq, Program Studi dan Fakultas Umum Akan Dibuka



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x