Kompas TV nasional peristiwa

UIN Sunan Kalijaga Paling Banyak Peminat di UMPTKIN 2021

Rabu, 16 Juni 2021 | 16:19 WIB
uin-sunan-kalijaga-paling-banyak-peminat-di-umptkin-2021
UIN Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta raih peringkat pertama dalam seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) 2021. (Sumber: Dok. Humas UIN Sunan Kalijaga)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - UIN Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta raih peringkat pertama peminat terbanyak dalam seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) 2021.

Hal tersebut disampaikan dalam rapat kelulusan jalur seleksi UMPTKIN tahun 2021 di Ternate, Maluku Utara. Rapat tersebut digelar selama tiga hari, sejak 15 hingga 17 Juni 2021.

“Sangat terkesan dan bersyukur serta berterima kasih kepada semua pihak. Ini menandakan UIN Sunan Kalijaga terbuka bagi semua etnis, budaya, tradisi dan mazhab. Sesuai dengan jargon bahwa UIN Yogya siap menopang bangsa, siap mendunia,” kata Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr.Phil. Al Makin, S.Ag., M.A., dalam rilis yang diterima Kompas TV, Rabu (16/6/2021).

Menurut Al Makin, peminat di UIN Sunan Kalijaga tahun ini semakin banyak. Sebab, pada tahun sebelumnya, kampus yang terletak di Jl. Laksda Adisucipto, Yogyakarta ini hanya berada di peringkat ketiga.

Baca Juga: 5 Rekor BTS yang Tercatat di Guinness World Record Berkat Lagu `Butter`

Diketahui, peserta UMPTKIN yang mengikuti ujian sebanyak 100.328 peserta. Adapun UIN Sunan Kalijaga memiliki jumlah peminat terbanyak, yakni sebanyak 13.431 orang. Sementara itu, peringkat dua UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan jumlah peminat 12.455 orang. Peringkat ketiga, yaitu UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan jumlah peminat 12.376 orang.

Peringkat keempat, yaitu UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan 8.384 peminat dan peringkat kelima UIN Alauddin Makassar dengan peminat sebanyak 7.642 orang.

Jumlah keseluruhan pada jalur UM-PTKIN ini, rata-rata diminati oleh peserta dengan latar belakang MA dan Pesantren menempati urutan pertama sebanyak 46.109, disusul SMA sebanyak 41.457, dan SMK sebanyak 12.472.

Baca Juga: Rektor UIN Jakarta Setuju Ada Pembatasan Kuota Mahasiswa ke Timur Tengah

Wakil Rektor I bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Suka Prof. Iswandi Syahputra menambahkan banyaknya peminat yang ingin menjadi mahasiswa di UIN Suka lantaran ada daya tarik tersendiri. Salah satunya suasana kampus yang berada di kota pendidikan, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:50
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19