Kompas TV advertorial

Perdana di Indonesia, Film Interaktif "Dengar" Ditayangkan lewat Zoom

Selasa, 15 Juni 2021 | 17:50 WIB
perdana-di-indonesia-film-interaktif-dengar-ditayangkan-lewat-zoom
Poster film interaktif Dengar yang tayang perdana pada tanggal 10 Juni 2021. (Sumber: Tiket.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sejak merebaknya Pandemi Covid-19 di awal tahun 2020, kreator film Indonesia harus menghadapi berbagai tantangan mulai dari penghentian kegiatan produksi hingga penutupan bioskop yang mengakibatkan tidak adanya pemasukan.

Menjawab tantangan ini, Gambar Hidoep Sinema dan Tiket.com berkolaborasi memproduksi film “Dengar”, sebuah film interaktif pertama di Indonesia.

Sutradara film, Alvin Rizky Ismail mengaku ide film ini justru muncul sebab dipicu oleh beragam tantangan yang harus ia hadapi di masa pandemi.

“Semula idenya adalah bagaimana kita bisa membuat film dengan kru dan lokasi yang terbatas untuk menyiasati situasi pendemi ini,” ungkapnya dalam siaran pers, Selasa (15/6/2021).

Meski produksi film harus mengikuti protokol kesehatan, di antaranya tidak melibatkan banyak orang, tidak melakukan shooting di outdoor, serta disaksikan di rumah, tetapi tetap menyuguhkan kisah yang menarik bagi penontonnya.

Baca Juga: Sutradara James Wan Ungkap Judul Sekuel Film Aquaman

Saat itu, munculah ide untuk memproduksi film menggunakan Zoom, platform yang memang sudah akrab di masyarakat Indonesia sejak sistem belajar dan kerja di rumah diberlakukan.                     

Ide ini rupanya sudah pernah dieksekusi oleh seorang filmmaker indie di Amerika Serikat, namun mengingat situasi pandemi yang belum berakhir, Alvin melihat bahwa ide ini masih relevan, Alvin kemudian membawa ide ini berkembangl ebih jauh, yaitu dengan berencana melakukan      pemutaran film melalui media Zoom dan melibatkan penonton di rumah untuk berinteraksi  dengan pemainnya.

“Karena pemutaran film akan dilakukan lewat Zoom, tentunya akan menarik sekali apabila penonton bisa ikut terlibat,” jelasnya.

“Bayangkan, saat Anda sedang asyik duduk mengunyah popcorn di rumah, tiba-tiba salah satu pemain akan menyapa Anda, dan meminta tolong Anda memecahkan masalah yang dia hadapi,” dengan konsep interaktif ini, tentunya akan lebih seru apabila disuguhkan melalui genre horor jelas Alvin.

Penulis : Elva Rini

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:14
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19