Kompas TV nasional wisata

Sandiaga Uno: Pariwisata Bali, Batam dan Bintan Akan Dibuka Kembali untuk Wisman dengan Skema TCA

Selasa, 15 Juni 2021 | 15:30 WIB
sandiaga-uno-pariwisata-bali-batam-dan-bintan-akan-dibuka-kembali-untuk-wisman-dengan-skema-tca
Suasana di Desa Adat Penglipuran, desa wisata di Bangli, Sabtu (17/4/2021). Desa Wisata Penglipuran sudah disertifikasi protokol kesehatan berbasis CHSE sebagai bentuk kesiapan destinasi di masa pandemi Covid-19. (Sumber: Kompas.id/COKORDA YUDISTIRA)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pariwisata Bali, Batam dan Bintan akan dibuka kembali untuk wisatawan mancanegara melalui skema travel corridor arrangement. Rencananya, kebijakan tersebut akan diawali dengan uji coba pada Juli 2021.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) Sandiaga S Uno mengatakan, terkait pembukaan pariwisata Indonesia untuk wisatawan mancanegara (wisman), masih terus diupayakan tercapainya pemenuhan prakondisi kebutuhan protokol kesehatan.

Menurut Sandiaga,  kesiapannya sudah sekitar 85 hingga 90 persen dan akan bergerak terus secara fluktuatif, tergantung  keseriusan pelaku industri bersama pemerintah pusat dan daerah.

"Kami berharap persiapan dan pelaksanaan uji coba akan berjalan dengan lancar sehingga travel corridor arrangement (TCA) secara penuh dapat terjadi," ujar Sandiaga saat media briefing, Senin (14/6/2021), di Jakarta, dilansir dari Kompas.id.

Adapun, negara yang diusulkan menjadi sasaran uji coba TCA adalah Singapura dan Uni Emirat Arab. Dengan persyaratan, wisman dari wilayah tersebut harus sudah menjalani vaksinasi Covid-19 dan bersedia dikarantina lima hari. Keputusan hingga penetapan final akan diumumkan oleh Kementerian Luar Negeri.

Baca Juga: Sandiaga Uno Optimis Pariwisata Bali Bisa Dibuka Juli Mendatang

Setelah uji coba dari dua negara itu, pembukaan pariwisata untuk wisman melalui skema TCA akan dilakukan bertahap, khususnya dari negara-negara yang dikategorikan sukses mengatasi Covid-19.

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Purwanto





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:33
TINJAU VAKSINASI COVID-19 DI TANGERANG SELATAN, WAPRES TEGASKAN PEMERINTAH INGIN PERCEPAT “HERD IMMUNITY”   WAPRES MA'RUF AMIN MENINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 MASSAL YANG DIGELAR DI SPORT CENTER, TANGERANG SELATAN   TIM DENSUS 88 TANGKAP 13 TERDUGA TERORIS DI RIAU YANG MERUPAKAN BAGIAN DARI JARINGAN JEMAAH ISLAMIYAH   PEMKAB PONOROGO BERKOLABORASI DENGAN KEMENSOS UNTUK ATASI MASALAH DISABILITAS INTELEKTUAL    POLISI SEBUT KELUARGA MUSISI ANJI MENGAJUKAN REHABILITASI TERKAIT PENYALAHGUNAAN NARKOBA    POLISI SEBUT MUSISI ANJI MENGAKU MENGONSUMSI NARKOBA SEJAK SEPTEMBER 2020    MUSISI ANJI JADI TERSANGKA KASUS NARKOBA DAN TENGAH DITAHAN DI RUTAN MAPOLRES JAKARTA BARAT    ICW: HUKUMAN JAKSA PINANGKI SEHARUSNYA DIPERBERAT, KARENA TERLIBAT KORUPSI SUAP DAN PENCUCIAN UANG   ICW: PEMANGKASAN VONIS HUKUMAN PINANGKI SIRNA MALASARI OLEH PENGADILAN TINGGI JAKARTA RUSAK AKAL SEHAT PUBLIK    TIGA VARIAN VIRUS KORONA YANG DITEMUKAN DI JAKARTA ASAL INGGRIS, BETA ASAL AFRIKA SELATAN, DAN DELTA ASAL INDIA    KADINKES DKI WIDYASTUTI MENYATAKAN SAAT INI SUDAH DITEMUKAN TIGA VARIAN BARU VIRUS KORONA DI JAKARTA    PT FREEPORT INDONESIA MULAI VAKSINASI COVID-19 UNTUK 38.000 KARYAWAN BESERTA KELUARGA    PEMKAB MADIUN EVAKUASI 89 WARGA DESA BANTENGAN DAN MOJOPURNO YANG POSITIF KORONA KE RSUD DOLOPO    SEBANYAK 89 WARGA DARI 2 DESA DI KECAMATAN WUNGU, MADIUN, POSITIF COVID-19 SETELAH HADIRI HAJATAN PERNIKAHAN