Kompas TV regional peristiwa

Air Bersih Dikirimkan untuk Warga yang Air Sumurnya Terkena Dampak Kebakaran Kilang Cilacap

Kompas.tv - 14 Juni 2021, 12:15 WIB
air-bersih-dikirimkan-untuk-warga-yang-air-sumurnya-terkena-dampak-kebakaran-kilang-cilacap
Air sumur warga berubah warna menjadi hitam akibat terdampak kebakaran tangki Pertamina di kilang Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Jawa Tengah. (Sumber: KOMPAS.COM/HANDOUT)
Penulis : Fadhilah | Editor : Purwanto

CILACAP, KOMPAS.TV - Air sumur warga Desa Kutawaru, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, berubah warna menjadi hitam.

Diduga, air sumur tersebut tercemar akibat kebakaran tangki di kilang Refinery Unit (RU) IV Cilacap yang terjadi Jumat (11/6/2021) malam.

Hal itu diakui salah satu warga, Suroto (45). Dia mengaku melihat asap hitam membumbung tinggi pada malam kejadian kebakaran kilang Pertamina tersebut.

Baca Juga: Memasuki Hari ke-2, Kobaran Api di Kilang Minyak Pertamina Cilacap Berhasil Dipadamkan

"Paginya air sudah hitam semuanya. Lihat yang di sawah dan di parit juga hitam semua airnya. Makanya saya takutnya sumur yang tidak tertutup kena dampaknya, dan pas saya cek benar, airnya hitam," kata Suroto, Minggu (13/6/2021), seperti dikutip dari Kompas.com.

Hal senada juga dikatakan Ketua RW 013 Sobirun. Dia mengatakan, wilayahnya merupakan ring satu yang terdampak kebakaran tangki.

"Warga saya mengalami krisis air bersih, karena airnya berwarna hitam kebiru-biruan. Sampelnya diambil dari pihak Pertamina. Pak Lurah instruksi agar tidak dikonsumsi dulu hingga ada penyedotan massal," ujar Sobirun.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap Tri Komara Sidhy mengatakan, telah mengirimkan bantuan air bersih sebanyak 10.000 liter untuk warga terdampak.

Berdasarkan pendataan, total warga yang terdampak sekitar 300 kepala keluarga (KK) yang tersebar di RW 1, 9, 8, 11, 12, dan 13.

"Sumber air warga tercemar air hujan yang membawa bahan bakar dari tangki yang terbakar di Pertamina," jelas Tri.

Baca Juga: Penyelidikan Kilang Minyak Pertamina di Cilacap yang Terbakar, Polisi Periksa 4 Saksi

Adapun sebelumnya, area kilang Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Jawa Tengah, dilaporkan terbakar, Jumat (11/6/2021) pukul 19.45 WIB.

Api akhirnya berhasil dipadamkan, Minggu (13/6/2021).

Kilang Cilacap ini merupakan satu dari enam Kilang Pertamina dan kapasitas pengolahan 270 ribu barel per hari.

Kilang ini memiliki sekitar 200 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas serta BBM hasil pengolahan minyak mentah.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.