Kompas TV internasional kompas dunia

Usai Berjalan Sekitar 500 Kilometer dan Rebahan Bareng, Kawanan Gajah Pengembara China Bergerak Lagi

Senin, 14 Juni 2021 | 05:52 WIB
usai-berjalan-sekitar-500-kilometer-dan-rebahan-bareng-kawanan-gajah-pengembara-china-bergerak-lagi
Pada foto udara yang diambil pada 7 Juni 2021 ini, kawanan gajah liar ini tengah rebahan bareng di dekat kota Xinyang di Distrik Jinning, Kunming di barat-daya Provinsi Yunnan, China. (Sumber: Yunnan Forest Fire Brigade via AP)

BEIJING, KOMPAS.TV – Sekawanan gajah liar pengembara di China kini tengah bergerak menuju barat-daya China pada Sabtu (12/6/2021). Seekor gajah jantan dilaporkan memisahkan diri dari kawanan ini dan tetap menjaga jarak.

Kawanan 15 gajah liar ini sebelumnya viral di media sosial China, setelah video mereka tengah rebahan bareng tersebar luas. Kawanan gajah liar ini berjalan melewati rumah-rumah, lumbung dan pepohonan di provinsi Yunnan.

Sementara  pemerintah China  menggelontorkan dana penanganan hingga 1 juta dolar atau sekitar Rp14,25 miliar. Mengutip AFP pekan lalu (8/6/2021), petualangan kawanan gajah ini memikat atensi orang-orang China. Ratusan juta netizen negeri Panda itu kemudian membicarakan kawanan gajah ini di media sosial.

Melansir Associated Press, kawanan gajah ini meninggalkan suaka margasatwa di barat-daya Provinsi Yunnan lebih dari setahun lalu. Kawanan gajah ini telah berjalan sejauh 500 kilometer menuju utara ke pinggiran ibu kota Kunming.

Baca Juga: Momen Langka! Sekawanan Gajah Tidur Bersama di Tengah Hutan

Hingga Sabtu (12/6/2021), mereka terlihat di kawasan Shijie di kota Yuxi yang terletak lebih dari 8 kilometer di barat-daya pinggiran Kunming. Sejumlah media China melaporkan, mereka telah mencapai kawasan ini sejak pekan lalu. Si gajah jantan yang memisahkan diri terpisah sejauh 16 kilometer di pinggiran Kunming.

Pihak berwenang China berharap dapat menghalau mereka kembali ke asal mereka di Prefektur Otonomi Xishuangbanna Dai di barat-daya Kunming.

Pihak berwenang berupaya menjaga jarak antara kawanan gajah dengan warga setempat. Mereka memblokir jalan menuju pedesaan dan mencoba memikat kawanan gajah dengan makanan. Namun, kawanan gajah liar ini tetap menjelajahi area pertanian warga, berjalan melintasi jalanan kota dan mencari makanan di desa-desa.

Pada foto yang diambil pada 4 Juni 2021 ini, kawasan gajah liar tengah memakan tanaman di Shuanghe di Distrik Jinning di Kota Kunming di barat-daya Provinsi Yunnan, China. (Sumber: Yunnan Forest Fire Brigade via AP)

Seluruh kawanan gajah dilaporkan berada dalam keadaan sehat dan tak ada warga yang terluka dalam insiden pertemuan dengan gajah-gajah ini. Pihak berwenang mewanti-wanti warga setempat agar tak berada di dekat mereka atau berupaya menghalau mereka dengan petasan.

Baca Juga: 28 Gajah di India Jalani Tes Covid-19 Menyusul Kematian Seekor Singa Asiatik Karena Virus Corona

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:41
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19