Kompas TV klik360 sinau

Uniknya Allianz Arena, Stadion Sepak Bola Terbesar Ketiga di Jerman

Rabu, 16 Juni 2021 | 11:01 WIB

KOMPAS.TV - Allianz Arena merupakan stadion sepak bola yang berlokasi di Munich, Bavaria, Jerman.

Stadion ini memiliki eksterior yang dilapisi dengan panel plastik ETFE yang bisa mengembang, dan merupakan stadion pertama yang dapat berubah warna.

Allianz Arena merupakan stadion terbesar ketiga di Jerman setelah Signal Iduna Park di Dortmund dan Olympiastadion di Berlin.

Allianz membeli hak penamaan stadion selama 30 tahun karena secara signifikan menyumbang dana pembangunan stadion.

Namun, nama ini tidak dapat digunakan ketika stadion menjadi tuan rumah turnamen FIFA dan UEFA, karena adanya kebijakan melarang sponsor dari perusahaan yang bukan merupakan mitra turnamen resmi.

Selama Piala Dunia 2006, Allianz Arena disebut sebagai FIFA World Cup Stadium Munich (Stadion Piala Dunia FIFA Munich).

Sedangkan dalam pertandingan klub UEFA dikenal sebagai Fußball Arena München.

Allianz Arena memiliki kapasitas 71.000 penonton. Namun kapasitas ini diperbesar menjadi 75.000 untuk pertandingan Bundesliga, dan 70.000 untuk pertandingan Liga Champions.

Desainer utama Allianz Arena adalah biro arsitek Herzog & de Meuron, pembangunannya dimulai 21 Oktober 2002 dan secara resmi dibuka 30 Mei 2005.

Bagian eksterior stadion dibangun dari 2.874 panel udara ETFE-foil yang dijaga terus mengembang oleh udara kering bertekanan 3,5 Pa.

Dari jauh, panel tampak berwarna putih tetapi ketika diteliti dengan seksama, terdapat sedikit titik pada panel. Setiap panel dapat menyala dengan cahaya putih, merah, atau biru.

Allianz Arena dibangun dengan biaya mencapai 340 juta Euro. Pemerintah kota dan pemerintah Jerman menyumbang 210 juta Euro dalam bentuk pembangunan berbagai infrastruktur pendukung.(*)

Grafis: Joshua Victor

Penulis : Gempita Surya

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:02
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19