Kompas TV video sinau

Uniknya Allianz Arena, Stadion Sepak Bola Terbesar Ketiga di Jerman

Kompas.tv - 16 Juni 2021, 11:01 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Allianz Arena merupakan stadion sepak bola yang berlokasi di Munich, Bavaria, Jerman.

Stadion ini memiliki eksterior yang dilapisi dengan panel plastik ETFE yang bisa mengembang, dan merupakan stadion pertama yang dapat berubah warna.

Allianz Arena merupakan stadion terbesar ketiga di Jerman setelah Signal Iduna Park di Dortmund dan Olympiastadion di Berlin.

Allianz membeli hak penamaan stadion selama 30 tahun karena secara signifikan menyumbang dana pembangunan stadion.

Namun, nama ini tidak dapat digunakan ketika stadion menjadi tuan rumah turnamen FIFA dan UEFA, karena adanya kebijakan melarang sponsor dari perusahaan yang bukan merupakan mitra turnamen resmi.

Selama Piala Dunia 2006, Allianz Arena disebut sebagai FIFA World Cup Stadium Munich (Stadion Piala Dunia FIFA Munich).

Sedangkan dalam pertandingan klub UEFA dikenal sebagai Fußball Arena München.

Allianz Arena memiliki kapasitas 71.000 penonton. Namun kapasitas ini diperbesar menjadi 75.000 untuk pertandingan Bundesliga, dan 70.000 untuk pertandingan Liga Champions.

Desainer utama Allianz Arena adalah biro arsitek Herzog & de Meuron, pembangunannya dimulai 21 Oktober 2002 dan secara resmi dibuka 30 Mei 2005.

Bagian eksterior stadion dibangun dari 2.874 panel udara ETFE-foil yang dijaga terus mengembang oleh udara kering bertekanan 3,5 Pa.

Dari jauh, panel tampak berwarna putih tetapi ketika diteliti dengan seksama, terdapat sedikit titik pada panel. Setiap panel dapat menyala dengan cahaya putih, merah, atau biru.

Allianz Arena dibangun dengan biaya mencapai 340 juta Euro. Pemerintah kota dan pemerintah Jerman menyumbang 210 juta Euro dalam bentuk pembangunan berbagai infrastruktur pendukung.(*)

Grafis: Joshua Victor



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x