Kompas TV regional update corona

12 Santriwati Terinfeksi Covid-19, Pondok Pesantren di Gunungkidul Jadi Klaster Baru

Jumat, 11 Juni 2021 | 04:15 WIB
12-santriwati-terinfeksi-covid-19-pondok-pesantren-di-gunungkidul-jadi-klaster-baru
Ilustrasi Virus Corona (Sumber: Freepik)

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.TV - Sebuah pondok pesantren di Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi klaster baru, setelah 12 santriwatinya terkonfirmasi positif Covid-19.

Panewu Playen, Muh Setyawan Indriyanto menerangkan bahwa kasus tersebut bermula dari lima orang santriwati yang mengalami gejala anosmia, dua hari sebelumnya.

Kala itu, pihak pondok pesantren pun berinisiatif melakukan tes rapid antigen terhadap kelimanya, dan mendapati hasil positif Covid-19.

Oleh sebab itu, dengan segera, pihak pengasuh pondok pesantren menempatkan kelima santriwati tersebut di ruang isolasi khusus serta melakukan tracing terhadap 14 orang kontak erat.

Baca Juga: Klaster Pabrik Muncul di Gunungkidul, Setelah 20 Pekerja Dinyatakan Positif Covid-19

"Informasi total (yang terkonfirmasi positif Covid-19) ada 12 santriwati itu," kata Setyawan, ketika dikonfirmasi wartawan, Kamis (10/6/2021).

Setyawan menambahkan, saat ini, upaya travking tracking kepada pengelola dan warga sekitar pondok pesantren tersebut juga dibantu oleh Puskesmas Playen I.

Penulis : Aryo Sumbogo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:18
TIM BISBOL AUSTRALIA MENARIK DIRI DARI KUALIFIKASI OLIMPIADE TOKYO KARENA PANDEMI COVID-19   PM JEPANG YOSHIHIDE SUGA: VAKSINASI COVID-19 DI SELURUH JEPANG AKAN TUNTAS PADA NOVEMBER 2021   IOC AKAN BAHAS AGENDA KEHADIRAN PENONTON LANGSUNG PADA LAGA-LAGA OLIMPIADE DAN PARALIMPIK TOKYO   KOMITE OLIMPIADE INTERNASIONAL (IOC): PERKAMPUNGAN ATLET OLIMPIADE TOKYO AKAN DIBUKA PADA 14 JULI 2021   "TRAVEL BUBBLE" YANG DIBUKA OLEH KOREA SELATAN HANYA BERLAKU BAGI YANG TELAH DIVAKSIN COVID-19 SECARA LENGKAP   KOREA SELATAN AKAN BUKA "TRAVEL BUBBLE" DENGAN SINGAPURA, TAIWAN, DAN THAILAND   PRIA PELAKU PENAMPARAN PRESIDEN PERANCIS EMMANUEL MACRON TERANCAM HUKUMAN 3 TAHUN PENJARA   POLDA SULSEL SEBUT WABUP SANGIHE HELMUD HONTONG MENINGGAL DI PESAWAT KARENA TERKENA SERANGAN JANTUNG   GUBERNUR GANJAR PRANOWO INGATKAN SELURUH PIMPINAN DAERAH DI JATENG MENGANTISIPASI PENINGKATAN KASUS KORONA   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO MINTA PROSES VAKSINASI COVID-19 DIPERCEPAT LANTARAN ADA PENINGKATAN KASUS KORONA   PEMKAB SUKOHARJO TIDAK AKAN IZINKAN SEKOLAH GELAR TATAP MUKA JIKA MASIH ADA GURU YANG BELUM DIVAKSINASI COVID-19   PEMERINTAH TARGETKAN SERTIFIKASI TENAGA KERJA KONSTRUKSI (TKK) PADA 2022 SEBANYAK 81.200 ORANG   MENDAG M LUTFI: EKONOMI DIGITAL INDONESIA AKAN TUMBUH 8 KALI LIPAT PADA 2030   SURVEI LEMBAGA RISET IDEAS: 20% KELUARGA MISKIN DI METROPOLITAN TIDAK PERNAH TERIMA BANSOS PEMERINTAH