Kompas TV nasional peristiwa

Janji Bahas Persiapan Haji 2022 Lebih Awal dengan Arab Saudi, Menag: Semoga Pandemi Sudah Teratasi

Kompas.tv - 10 Juni 2021, 18:30 WIB
janji-bahas-persiapan-haji-2022-lebih-awal-dengan-arab-saudi-menag-semoga-pandemi-sudah-teratasi
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Sumber: kemenag.go.id)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan akan segera membahas persiapan ibadah haji 2022 dengan Arab Saudi. 

Yaqut berharap agar pandemi Covid-19 dapat cepat selesai dan tahun depan haji bisa diselenggarakan dalam kondisi lebih baik.

"Semoga tahun depan pandemi sudah teratasi. Kami akan sesegera mungkin membahas persiapan haji 2022 dengan Arab Saudi," kata Yaqut dikutip dari laman Kemenag, Kamis (10/6/2021). 

Seperti diketahui, pemerintah telah memutuskan untuk tidak memberangkatkan jemaah haji Indonesia tahun ini, 1441H/2021 M.

Yaqut kembali menegaskan keputusan tersebut diambil atas dasar pertimbangan kesehatan jemaah di tengah pandemi Covid-19 ini. 

"Kebijakan pembatalan, karena pemerintah mengedepankan keselamatan jiwa jemaah. Dalam kondisi pandemi, keselamatan dan keamanan ibadah menjadi hal utama yang harus dikedepankan," tegas dia. 

Baca Juga: Klarifikasi Dubes Arab Saudi Soal Penyelenggaraan Haji

Kendati demikian, Yaqut memaparkan bahwa pada tahun ini, sebenarnya pemerintah telah melakukan persiapan dini untuk penyelenggaraan ibadah haji.

Bahkan, Keputusan Menteri Agama yang diterbitkan Gus Yaqut setelah dilantik Presiden Jokowi adalah pembentukan tim manajemen krisis penyelenggaraan ibadah haji.

Tugasnya, melakukan persiapan dan mitigasi penyelenggaraan haji.

Beragam skenario dan persiapan sudah dilakukan.

Tapi pandemi Covid-19 ini masih mengancam dunia, di sisi lain Arab Saudi juga belum mengeluarkan informasi resmi terkait penyelenggaraan ibadah haji, bahkan hingga hari ini.

Dalam kesempatan itu, Menag menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh calon jemaah haji yang sudah dua tahun tertunda keberangkatannya karena pandemi Covid-19.

"Saya sampaikan permohonan maaf, sekaligus terima kasih atas kesabaran jemaah," tuturnya.

Dia juga berdoa agar tahun depan pandemi Covid-19 ini dapat segera selesai dan para jemaah bisa berangkat haji.

Baca Juga: Menag Yaqut Tegaskan Keputusan Tak Berangkatkan Haji Demi Keselamatan Jemaah



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x