Kompas TV regional berita daerah

Seorang Guru Honorer di Cianjur Peduli ODGJ

Kompas.tv - 8 Juni 2021, 18:15 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

CIANJUR, KOMPAS.TV - Memberikan kasih sayang dan memuliakan manusia,  merupakan kewajiban setiap orang, tak terlepas juga kasih sayang kepada orang dalam gangguan kejiwaanN, Di Cianjur, Jawa Barat.

Ani Sumarni, seorang guru honorer, saat sedang menjalankan tugasnya sebagai pengajar, di Sekolah Dasar Negeri Dua Bunikasih, di Kampung Cicariang Hilir, Desa Buni Sari, Kecamatan Warung Kondang, Cianjur, Jawa Barat. Terlihat sepintas, kegiatan wanita dua puluh sembilan tahun ini hanya pergi ke sekolah  kemudian mengunjungi para muridnya untuk belajar tatap muka bagi siswa yang tidak memiliki handphone. Ternyata tidak hanya itu, usai mengajar, ibu satu anak ini, mempunyai kegiatan lain, yakni mengunjungi orang dalam gangguan jiwa, atau ODGJ.

Menggunakan sepeda motornya, Ani, berkeliling membawa makanan, minuman dan pakaian, untuk ODGJ yang berada di jalan.

Saat bertemu dengan ODGJ, Ani tak ada rasa takut apalagi malu dilihat orang. Tanpa rasa canggung, dirinya langsung menghampiri dan memberikan makanan, menyuapi  dan memakaikan pakaian kepada ODGJ tersebut. Bahkan  yang lebih beraninya, Ani juga sempat melepaskan ODGJ yang sedang dipasung oleh keluarganya hingga kemudian membawanya ke Yayasan khusus ODGJ.

Menurut Ani, kepeduliannya kepada ODGJ. Sudah ia jalani selama satu tahun, sedangkan untuk membeli makanan dan minuman untuk ODGJ, ia sisihkan dari uang gajinya sebagai guru honor.

Dengan kepeduliannya kepada ODGJ, Ani hanya ingin memuliakan manusia yang seharusnya mendapatkan hak yang sama seperti makan, minum dan hidup sehat. Dirinya berharap, kepeduliannya terhadap ODGJ ini bisa menginspirasi orang lain untuk bisa sama-sama memuliakan manusia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x