Kompas TV klik360 sinau

Kapan Sekolah Offline? - Tanya Jawab Soal Sekolah Tatap Muka Bagian 1

Selasa, 8 Juni 2021 | 20:00 WIB

KOMPAS.TV - Seluruh sekolah di Indonesia diharapkan dapat segera menggelar pembelajaran tatap muka di tahun ajaran baru mendatang.

Banyak pertanyaan muncul dari para orang tua siswa tentang sekolah tatap muka di tengah pandemi Covid-19.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) merilis buku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi.

Berdasarkan buku panduan tersebut, Kompas.TV merangkum beberapa poin penting seputar pelaksanaan pembelajaran tatap muka dalam tanya jawab bagian 1 berikut ini.

1. Kapan sekolah tatap muka dimulai?

Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan pembelajaran tatap muka akan digelar pada Juli 2021.

2. Apa syarat yang harus dipenuhi oleh sekolah?

Opsi sekolah tatap muka wajib diberikan untuk sekolah yang pendidik dan tenaga kependidikannya telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 secara lengkap.

3. Jenjang pendidikan apa saja yang harus melaksanakan sekolah tatap muka?

Satuan pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan dasar (SD-sederajat), pendidikan menengah (SMP/SMA-sederajat), serta pendidikan tinggi (Perguruan Tinggi) wajib memberikan opsi pembelajaran tatap muka.

4. Bagaimana ketentuannya?

Pembelajaran dilaksanakan dengan kombinasi pembelajaran tatap muka terbatas dan pembelajaran jarak jauh.

Kemudian juga adanya pengawasan terhadap pelaksanaan pembelajaran oleh Pemerintah Daerah dan/atau Dinas Pendidikan/Kanwil.

Pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas diberhentikan selama paling singkat 3x24 jam jika ada konfirmasi kasus positif Covid-19 di satuan pendidikan yang bersangkutan.

Selain itu, PTM terbatas juga dapat diberhentikan sementara apabila ada kebijakan dari pemerintah daerah terkait pengendalian Covid-19.(*)

Grafis: Joshua Victor

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:08
PSSI MINTA EVALUASI PERFORMA TIMNAS INDONESIA SEUSAI KALAH TELAK 4-0 DARI VIETNAM DALAM KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2022   WHO SEBUT AKSES VAKSINASI COVID-19 BELUM MERATA SECARA GLOBAL   KOMNAS HAM PERIKSA 19 PEGAWAI KPK TERKAIT TES WAWASAN KEBANGSAAN TANPA KETUA KPK FIRLI BAHURI   TIGA RT DI KEMAYORAN, JAKARTA PUSAT, TERAPKAN “LOCKDOWN” SETELAH 34 WARGA POSITIF COVID-19   KAPOLDA JATENG IRJEN AHMAD LUTHFI: PENANGANAN COVID-19 DI KUDUS JADI “ROLE MODEL” WILAYAH LAIN   DISDIK JAKARTA SELATAN: SMA NEGERI 70 DAN 66 JADI POSKO PENGADUAN PPDB DKI 2021   PT BIO FARMA: SEBANYAK 1 JUTA DOSIS VAKSIN SINOPHARM SEGERA TIBA DI INDONESIA UNTUK VAKSINASI GOTONG ROYONG   SELAMA PROSES ANGGARAN BERLANGSUNG, BNPB SERAHKAN PEMBIAYAAN HOTEL UNTUK ISOLASI PASIEN COVID-19 DKI KE PEMPROV   BNPB TUNGGU ANGGARAN YANG MASIH DIPROSES KEMENKEU SOAL PEMBIAYAAN HOTEL UNTUK ISOLASI PASIEN COVID-19 DI JAKARTA   BNPB AKAN HENTIKAN SEMENTARA PEMBIAYAAN HOTEL UNTUK ISOLASI TERKENDALI PASIEN COVID-19 DI JAKARTA   MENTERI BUMN ERICK THOHIR TUNJUK ANGGER P YUWONO JADI DIREKTUR UTAMA PT JIWASRAYA   MENAKER: BALAI LATIHAN KERJA (BLK) KOMUNITAS UNTUK SIAPKAN TENAGA TERAMPIL DUDUKI JABATAN FORMAL DI LUAR NEGERI   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: PEMERINTAH BERENCANA BUAT OMNIBUS LAW YANG MENGATUR DUNIA DIGITAL DALAM NEGERI   MENKO POLHUKAM: TUJUAN PEMERINTAH MEREVISI PASAL UU ITE GUNA HILANGKAN PASAL KARET, MULTITAFSIR, DAN KRIMINALISASI