Kompas TV regional berita daerah

10 Stasiun Peringatan Dini Gempa akan Dipasang di Sepanjang Pesisir Selatan Jawa

Selasa, 8 Juni 2021 | 14:43 WIB
10-stasiun-peringatan-dini-gempa-akan-dipasang-di-sepanjang-pesisir-selatan-jawa
Peneliti gempa UGM, Sunarno, akan memasang 10 stasiun pemantau early warning system (EWS) gempa di sepanjang pesisir pulau Jawa. (Sumber: istimewa)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Peneliti gempa UGM, Sunarno, akan memasang 10 stasiun pemantau sistem peringatan dini gempa di sepanjang pesisir pulau Jawa. Alat ini bisa memprediksi gempa tiga hari sebelum kejadian, sehingga mitigasi bencana bisa dilakukan.

“Pemantau early warning system gempa akan kami pasang sepanjang pulau Jawa sisi Selatan, untuk pengembangan algoritma triangulasi pusat gempa,” ujarnya, Senin (7/6/2021).

Sistem peringatan dini itu tersusun dari sejumlah komponen seperti detektor perubahan level air tanah dan gas radon, pengkondisi sinyal, pengontrol, penyimpan data, sumber daya listrik, denganmemanfaatkan teknologi internet of thing (IoT). Mekanisme kerja alat ini adalah memprediksi gempa berdasarkan perbedaan konsentrasi gas radon dan level air tanah yang merupakan anomali alam sebelum terjadinya gempa bumi.

Baca Juga: UGM Kembangkan Alat EWS Guna Prediksi Gempa Tiga Hari Sebelumnya, Begini Cara Kerjanya

Apabila akan terjadi gempa di lempengan, maka muncul fenomena paparan gas radon alam dari tanah yang meningkat secara signifikan dan permukaan air tanah naik turun secara signifikan.

Selain memprediksi waktu terjadinya gempa, alat pantau ini juga bisa memprediksi lokasi gempa. Meskpun demikian alat pantau sistem ini masih dalam tahap pengembangan serta perbaikan penyempurnaan teknologi, termasuk pengembangan algoritma penentuan pusat gempa.

Setiap stasiun pemantauan yang terpasang akan mengikur perubahan permukaan air sumur dan paparan gas radon alam setiap lima menit. Sampai sekarang, kepekaan alat pantau gempa ini hanya dapat memonitor kejadian Gempa di atas 4,5 SR di antara Aceh hingga NTT untuk lempengan Indo-Australia. 

Baca Juga: Gempa Wonogiri Berpusat di Darat Siang Ini, Getarannya Kecil

“Untuk dapat memantau di daerah dengan lempengan lain maka harus dipasang stasiun early warning system di lempengan yg dipantau,” ucap Sunarno.

Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:09
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19