Kompas TV regional peristiwa

Anies Baswedan Pastikan Sistem PPDB Online Kembali Normal

Kompas.tv - 8 Juni 2021, 11:51 WIB
anies-baswedan-pastikan-sistem-ppdb-online-kembali-normal
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memberikan sambutan pada Peringatan Hari Pendidikan nasional (Hardiknas) 2021), Minggu (2/5/2021). (Sumber: YouTube Radio Dinas Pendidikan DKI Jakarta)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengunjungi kantor Dinas Pendidikan (Diskdik) DKI di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (8/6/2021) pagi. 

Kunjungan ini kata Anies, untuk menindaklanjuti gangguan yang sempat muncul pada pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jakarta Tahun Ajaran 2021/2022 yang digelar secara online.

"Pagi ini kami di jajaran Pemprov DKI Jakarta Dinas Pendidikan, Disdukcapil, Diskominfotik hadir bersama juga tim dari Telkom, dipimpin langsung oleh Dirut Telkom Pak Ririek Adriansyah melakukan langkah-langkah untuk merespons problem yang  sempat muncul dan dirasakan para siswa, para orangtua yang mengikuti PPDB di Jakarta," kata Anies Baswedan di Jakarta, Selasa (8/6/2021).

Anies menyadari permasalahan kemarin disebabkan oleh kendala teknis pada aplikasi pengajuan akun yang terdapat di laman ppdb.jakarta.go.id, dia menyebut hal itu sudah dapat diatasi. 

"Kemudian muncul masalah kedua sinkronisasi data yang juga muncul masalah. Alhamdulillah problem itu teridentifikasi tim bergerak cepat dan sudah tertangani," sambung Anies.

Baca Juga: Tahun Ini PPDB Tetap Utamakan Zonasi

Lebih lanjut Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengungkapkan tahun ini diperkirakan pendaftar PPDB Jakarta berada di angka 300.000 siswa. Anies menyampaikan sudah ada 150.000 akun yang berhasil mendaftar dalam sistem PPDB.

"Artinya sudah lebih dari separuh potensi pendaftar sudah mendapatkan akun untuk pendaftaran, insyaAllah ini bisa berjalan dengan baik sampai tuntas," jelas dia.

Anies meminta agar masyarakat bisa tenang saat mendapati laman PPDB Jakarta yang tidak merespons dengan baik. Pemprov DKI, kata Anies, akan bekerja dengan tenaga penuh untuk memastikan sistem berjalan dengan lancar.

"Saya ingin memastikan kepada seluruh warga Jakarta, bahwa kami akan melakukan semua yang kita bisa lakukan untuk membuat ibu bapak adik-adik semua tenang," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Anies juga meminta masyarakat tidak khawatir terkait adanya permasalahan di sistem PPDB tersebut.

Baca Juga: Kemendikbud Ristek: Sistem PPDB Online akan Dipantau untuk Meminimalisir KKN

Gubernur DKI ini menegaskan Pemprov tengah berusaha dengan keras agar sistem kembali berjalan dengan baik. 

Anies meyakini, optimalisasi sistem akan berlangsung cepat. Dan proses pendaftaran tidak kembali berjalan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x