Kompas TV regional berita daerah

Mengolah Tahu Menjadi Burger Lezat yang Sehat

Kompas.tv - 7 Juni 2021, 22:20 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Sekilas ini adalah burger seperti biasa, namun sebenarnya bahan baku makanan ini berbahan dasar tahu. Selain burger ada juga puding, es kopyor dan wedang jahe terlihat menarik dan segar juga mengundang selera. 

 

Kreasi burger tahu ini dibuat oleh pasangan muda, Siti Mu’arofah dan Risa Novianto, warga Desa Babalan Lor, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah. 

 

Pembuatan burger tahu ini adalah dengan bahan baku,tahu yang belum jadi atau masih berupa cairan. Tahu kemudian dicampur dengan terigu dengan perbandingan 1:2, misal tahu satu liter untuk terigu 2 Kg. Kemudian ditambah telur dan gula sera bahan lainnya, setelah adonan jadi, dibuat cetakan donat dan digoreng hingga matang dengan api kecil, agar warnanya cantik. Burger kemudian dilumuri panir dan digoreng lagi agar crispy, lalu dibelah tengah dan diisi sayuran, daging, saus, hingga siap disantap.

 

Sejumlah konsumen mengaku senang dengan aneka produk olahan tahu ini. Mereka rela menunggu dan antri untuk mendapatkan makanan yang gurih, manis nan enak ini.

 

Harga burger tahu ini dijual Rp 30 ribu satu Kota isi 6 buah, selain itu ada juga donat tahu isi 6 Rp 20 ribu aneka ras dan bisa bertahan dua sampai tiga hari, karena dibuat asli tanpa bahan pengawet. Puding Rp 20 ribu untuk ukuran besar, es kopyor dan wedang jahe tahu Rp 5000 per gelas.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x