Kompas TV nasional update corona

Gawat! 5 Provinsi Ini Catat Kenaikan Kasus Aktif Covid-19 Lebih dari 1.000, Mana Saja?

Kompas.tv - 8 Juni 2021, 01:05 WIB
gawat-5-provinsi-ini-catat-kenaikan-kasus-aktif-covid-19-lebih-dari-1-000-mana-saja
Pos penyekatan di pintu Jembatan Suramadu sisi Surabaya dijaga ketat pasca terjadi lonjakan kasus Covid-19 dii Pulau Madura, terutama di Kabupaten Bangkalan, Minggu (6/6/2021). (Sumber: KOMPAS.COM/GHINAN SALMAN)
Penulis : Gading Persada | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lima provinsi di Indonesia mencatatkan kenaikan kasus aktif Covid-19 yang cukup tinggi yakni lebih dari 1.000 kasus.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyebut kelima provinsi itu mengalami kenaikan signifikan kasus positif Covid-19 dalam lima pekan terakhir.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito menyebut, kelima provinsi tersebut yaitu DKI Jakarta, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, Aceh, dan Sumatera Barat.

Berbicara dalam rapat koordinasi Satgas Penanganan Covid-19 yang ditayangkan YouTube Pusdalops BNPB, Senin (7/6/2021), Ganip mengatakan, secara nasional, kasus aktif Covid-19 terus meningkat. Selama empat hari terakhir, kasus aktif meningkat hingga 12,5 persen dan kini berada di angka 98.455 kasus.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Berikan Bantuan Logistik ke Kelurahan Kayu Putih, Usai 22 Warga Positif Covid-19

Bersamaan dengan itu, ada 20 provinsi yang menunjukkan peningkatan persentase kematian selama 5 minggu ke belakang.

Selanjutnya, terdapat 7 provinsi yang mencatatkan tingkat keterisian tempat tidur (bed occupancy rate/BOR) ruang isolasi rumah sakit rujukan Covid-19 di atas 50 persen.

“Ketujuhnya yakni Kepulauan Riau, Jawa Timur, Jawa Barat, Gorontalo, Sumatera Barat, Riau, dan Aceh,” imbuh dia.

Lalu, ungkapnya, ada sembilan provinsi dengan persentase BOR di ruang ICU yang melebihi 50 persen yaitu Riau, Kepulauan Riau, Jawa Timur, Jawa Barat, Bengkulu Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan DI Yogyakarta.

Dengan adanya data ini, Ganip meminta jajarannya meningkatkan pengawasan dan pengendalian pandemi.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.