Kompas TV bisnis bumn

BUMN Akan Memperkuat Model Bisnis Ekspor Produk Perikanan

Kompas.tv - 7 Juni 2021, 19:05 WIB
bumn-akan-memperkuat-model-bisnis-ekspor-produk-perikanan
Kementerian Perhubungan akan membangun pelabuhan terintegrasi di Maluku sebagai lumbung ikan nasional. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berbarengan dengan Indonesia yang sedang berupaya mengoptimalkan kerja sama perdagangan, investasi, dan transfer teknologi dengan kawasan Eurasia atau EAEU, Badan Usaha Milik Negara Klaster Pangan memperkuat model bisnis ekspor produk perikanan.

BUMN tengah membenahi kinerja dan mematangkan model bisnis holding atau induk perusahaan-perusahaan pelat merah. Salah satu model bisnis yang terus didorong untuk bertumbuh adalah ekspor.

Rencana penggabungan Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) dan PT Perikanan Nusantara (Persero) atau Perinus, misalnya, diarahkan untuk meningkatkan ekspor produk perikanan Indonesia. Langkah itu juga diharapkan bermanfaat bagi pengembangan ekosistem nelayan serta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Koordinator BUMN Kluster Pangan dan juga Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI, Arief Prasetyo Adi, mengatakan, penggabungan dilakukan untuk menyinergikan bisnis dan meningkatkan penjualan. Dalam proses penggabungan ini, Perindo dan Perinus berupaya menggenjot ekspor produk perikanan.

Baca Juga: Kerja Sama Perdagangan dan Transfer Teknologi Jadi Incaran Indonesia di Pasar Eurasia

Potensi ekspor perikanan ini sangat besar. Pekan lalu, Perinus mengekspor gurita beku dari mitra-mitra nelayan di Makassar senilai Rp1,03 miliar. Adapun Perindo mengekspor ikan kembung ke Thailand senilai total Rp4,59 miliar.

”Ke depan, model bisnis seperti ini akan dikembangkan holding BUMN Pangan. Kami akan menjadi offtaker bagi nelayan dan UMKM, sekaligus meningkatkan pasar ekspor,” kata Arief dalam siaran pers, Minggu (6/6/2021).

Arief menambahkan, BUMN Klaster Pangan, terutama yang bergerak di sektor perikanan, juga berkomitmen mendukung program Lumbung Ikan Nasional yang dicanangkan pemerintah. Salah satunya nanti di wilayah Ambon, Bacan, Bitung, Gorontalo, dan Sorong.

Baca Juga: Garap Tol Bocimi dan Pengembangan Pelabuhan Tanjung Benoa, Waskita Gandeng BUMN China

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x