Kompas TV video sinau

5 Kebiasaan Baik untuk Atasi Sakit Punggung

Kompas.tv - 6 Juni 2021, 20:15 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Sakit punggung adalah salah satu keluhan umum yang kebanyakan tidak disebabkan oleh sesuatu yang serius, dan biasanya membaik seiring waktu.

Meski demikian, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu meringankan sakit punggung atau mencegahnya bertambah parah, di antaranya:

1. Taruh bantal di bawah lutut saat tidur

Melansir Health Line, tidur terlentang akan memberi tekanan pada tulang belakang. Sedikit mengangkat kaki saat tidur terlentang diyakini bisa mengurangi tekanan pada punggung.

Hal ini bisa dilakukan dengan meletakkan bantal di bawah lutut saat tidur.

2. Olahraga untuk kuatkan otot punggung dan perut

Olahraga yang berfokus pada penguatan otot punggung dan perut dapat membantu mengurangi risiko cedera terkait punggung, seperti karena regangan berlebih atau terjadi robekan pada otot maupun tendon, dan kejang otot.

Melakukan olahraga penguatan punggung dan perut setidaknya dua kali seminggu bisa jadi opsi untuk membentuk punggung yang lebih kuat dan fleksibel.

3. Konsumsi kalsium dan vitamin D

Konsumsi kalsium dan vitamin D dapat menguatkan tulang dan membantu mencegah osteoporosis yang jadi salah satu penyebab paling umum sakit punggung di kemudian hari.

Kalsium dan vitamin D bisa diperoleh dari susu, yogurt, keju, kuning telur, hati sapi, dsb.

4. Jangan sering duduk membungkuk

Jika sering duduk dengan posisi membungkuk, lekukan normal pada tulang belakang bisa berubah bahkan piringan sendi di antara tulang di punggung juga bisa rusak.

Saat duduk, pilihah kursi yang dapat memberikan dukungan kuat untuk punggung bawah, dan pastikan lutut sedikit lebih tinggi dari pinggul.

5. Lakukan peregangan

Berdiri, duduk, atau berbaring di satu tempat untuk waktu yang lama tidak sehat untuk punggung.

Melakukan peregangan sederhana membantu meningkatkan sirkulasi darah ke punggung, dan meredakan ketegangan atau nyeri yang terjadi karena tidak aktif.(*)

Grafis: Joshua Victor



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Jawa Tengah dan DIY

Harga Bawang Naik

26 April 2024, 10:13 WIB

Close Ads x