Kompas TV nasional peristiwa

Kabar Duka, Mochtar Kusumaatmadja Meninggal Dunia

Kompas.tv - 6 Juni 2021, 13:49 WIB
kabar-duka-mochtar-kusumaatmadja-meninggal-dunia
Mochtar Kusumaatmadja (Sumber: Wikipedia)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV -Menteri Kehakiman dan Menteri Luar Negeri RI di era Presiden Soeharto Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja meninggal dunia dalam usia 92 tahun pada Ahad (06/06/2021).

"Telah berpulang ke Rahmatullah pagi ini, Prof Dr Mochtar Kusumaatmadja, Guru Besar Hukum Internasional UNPAD dan UI, mantan Menteri Kehakiman dan Mantan Menteri Luar Negeri RI," tulis Yusril Ihza Mahendra @Yusrilihza_Mhd dalam akun Twitter @Yusrilihza_Mhd. 

Baca Juga: Pasien Meninggal, Dokter Bangsal Covid-19 Dipukuli Massa

Dikutip dari Kompas.com, Mochtar Kusumaatmadja merupakan salah satu tokoh yang berperan dalam perkembangan pemikiran hukum dan pendidikan tinggi hukum di Indonesia.  

Kusumaatmadja bersama koleganya, Komat Kantaatmadja mendirikan kantor hukum MKK (Mochtar, Karuwin, dan Komar).  Dapat dikatakan Kusumaatmadja adalah figur dalam dunia hukum di Indonesia. 

Kusumaatmadja juga ditahiskan sebagai Bapak Hukum Internasional Indonesia, karena ia juga seorang pemikir hukum internasional. 

Baca Juga: Usai Konten Aurel Keguguran, Kini Trending Ayah Ria Ricis Meninggal, Haruskah Begini? Ini Kata LIPI

Salah satu gagasan yang ia lontarkan adalah negara kepulauan (archipelagic state) ke forum internasional. Gagasan tersebut menjadi landasan awal lahirnya konsep Wawasan Nusantara. 

Akademisi dan diplomat ini menjabat Menteri Kehakiman di Kabinet Pembangunan II dan Menteri Luar Negeri di Kabinet Pembangunan III dan IV.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x