Kompas TV nasional kesehatan

Alami Insomnia? Ini 6 Tips Kembali Tidur Usai Terbangun di Malam Hari

Kompas.tv - 6 Juni 2021, 02:40 WIB
alami-insomnia-ini-6-tips-kembali-tidur-usai-terbangun-di-malam-hari
Ilustrasi tidur nyenyak. (Sumber: bavorndej)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Hariyanto Kurniawan

SOLO, KOMPAS.TV - Bangun di tengah malam bukan hal aneh karena sebagian besar orang kerap mengalaminya. Namun, penderita insomnia kerap kesulitan tidur kembali usai terbangun di malam hari.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang tak bisa tidur kembali di malam hari setelah terbangun.

Pola tidur, stres, dan masalah kesehatan adalah beberapa faktor yang bisa menyulitkan orang kembali tertidur.

Baca Juga: Kamar Tidur Terlihat Monoton? Berikut 5 Cara untuk Mengubahnya Lebih Ceria

Salah satu masalah ini adalah insomnia. Insomnia adalah gangguan tidur yang paling umum terjadi, menurut Asosiasi Psikiater Amerika (APA).

Melansir Healthline, insomnia adalah gangguan yang menyebabkan orang kesulitan tidur atau tak bisa tidur kembali setelah terbangun.

Pada 2013, APA memperkirakan 6 hingga 10 persen orang dewasa menderita insomnia di Amerika Serikat.

Orang bisa disebut menderita insomnia, bila sulit tidur selama setidaknya 3 malam seminggu dalam rentang minimal 3 bulan hingga merusak kehidupan sehari-hari.

Masalah tidur terkait insomnia ini muncul karena berbagai alasan, mulai dari stres, peristiwa traumatik atau menjengkelkan, serta perubahan kebiasaan tidur, seperti tempat tidur yang berpindah.

Rasa sakit fisik, jet lag atau kelelahan usai perjalanan jauh, dan obat-obatan tertentu pun dapat menyebabkan insomnia sementara atau akut.

Sebagian orang dengan depresi, pendapatan lebih rendah, biasa duduk diam sehari-hari, dan mengalami perubahan jam kerja juga rentan mengalami insomnia.

Baca Juga: Posisi Tidur Kucing Ternyata Punya Arti Tersendiri Lho, Ini Penjelasannya

Berikut beberapa tips mengatasi insomnia agar bisa kembali tidur usai terbangun di malam hari, dirangkum dari Healthline:

1. Meditasi

Meditasi adalah salah satu cara alami dan mudah untuk mengatasi insomnia. Berbagai penelitian juga menunjukkan, meditasi dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi stres.

Ada banyak video dan tips di internet mengenai cara meditasi. Salah satu meditasi paling mudah adalah duduk tenang dengan mengatur pernapasan secara pelahan dan teratur selama 15-20 menit.

2. Hindari Kafein dan Alkohol

Sebaiknya hindari pula minum kopi dan minuman bersoda yang mengandung kafein menjenlang tidur. Kafein dapat membuat orang tetap terjaga selama 6 hingga 8 jam.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x