Kompas TV nasional kesehatan

Vaksin Zifivax Memasuki Tahap Ketiga Uji Klinis, Ditargetkan Rampung Juni 2021

Kompas.tv - 5 Juni 2021, 23:05 WIB
vaksin-zifivax-memasuki-tahap-ketiga-uji-klinis-ditargetkan-rampung-juni-2021
Kepala BPOM RI Penny K Lukito saat inspeksi ke RS Immanuel sebagai salah satu RS satelit uji klinis vaksin Zifivax. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan

BANDUNG, KOMPAS.TV -  Vaksin Zifivax memasuki tahap ketiga uji coba klinis. Pemberian vaksin dosis ketiga di beberapa rumah sakit penelitian dilakukan pada Jumat (4/6/2021) lalu.

Juru Bicara Uji Klinis Vaksin Zifivax dari Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung Muhammad Faisal mengataka, pihaknya telah merekrut 2000 relawan uji klinis. Dimulai sejak rekrutmen perdana pada 26 Februari 2021 sampi 8 April 2021. Jumlah tersebut  sesuai dengan target awal uji klinis ini.

“Saat ini kami sedang dalam fase kunjungan (visit) pemberian dosis ketiga. Per 5 Juni 2021, sebanyak 1.420 relawan sudah mendapatkan dosis ketiga,” ujarnya melalui sambungan telepon di Jakarta, Sabtu (5/6/2021).

Sebanyak 200 dari 2.000 relawan tersebut akan dievaluasi respons imunitas tubuh (imunogenisitas) terhadap virus dari Vaksin tersebut.  Khsusnya vaksinasi  pada orang berusia 18 tahun ke atas.

Adapun, uji klinis tahap 3 ini dilakukan di 5 negara termasuk Indonesia. Uji klinis tahap 1 dan 2 telah dilakukan di negara produsen yaitu di China.

“Untuk uji klinis di Indonesia dilakukan di Jakarta dan Bandung dengan masing-masing target 2.000. Target proses kunjungan untuk pemberian dosis ketiga memang ditargetkan selesai bulan Juni ini,” jelas Faisal.

Baca Juga: Kurir Paket dan Karyawan Pabrik di Batang Divaksinasi Covid-19

Lebih lanjut, Faisal menjelaskan, apabila pemberian dosis ketiga selesai, maka relawan akan diobservasi selama 12 bulan ke depan melalui kontak telepon oleh tim survailens.

Relawan juga diminta kesediaannya untuk memberikan informasi mengenai kesehatannya setiap seminggu sekali dengan cara mengisi google form.

Dia berharap uji klinis tersebut dapat memberi hasil yang baik sehingga dapat membantu pemerintah dalam penyediaan vaksin sebagai upaya  pengendalian kasus Covid-19 di Indonesia.

“Kami juga berharap dapat secepatnya mengajukan Izin Penggunaan Darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dan mendapat persetujuan dari BPOM sehingga vaksin ini dapat digunakan di Indonesia,” ujarnya.

Sebagai informasi, untuk uji klinis di Bandung dilakukan di enam rumah sakit yaitu, RSUP Hasan Sadikin, RS Immanuel, RSIA Limijati, RS Advent, RSUD Al Ihsan, dan RS Unggul Karsa Medika.

Berdasarkan keterangannya, uji coba klinis vaksin Zifivax sejauh ini telah mendapatkan izin Komite Etik dari Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

Baca Juga: Argentina akan Produksi Lokal Vaksin Corona Rusia Sputnik V

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x