Kompas TV nasional agama

Kedubes Arab Saudi: Belum Ada Putusan Soal Kuota Haji

Kompas.tv - 5 Juni 2021, 00:31 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Pasca keputusan pemerintah yang memastikan membatalkan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021, pemerintah Arab Saudi melalui kedutaan besarnya memberi klarifikasi tentang kuota haji.

Melalui surat kepada Ketua DPR Puan Maharani yang beredar di media, Kedubes Arab Saudi menyatakan, tidak benar ada 11 negara yang mendapat kuota haji dan Indonesia tidak termasuk negara-negara tersebut.

Kedubes Arab Saudi menambahkan, hingga saat ini Kerajaan Arab Saudi belum memutuskan instruksi apapun berkaitan dengan pelaksanan haji tahun ini untuk calon jemaah haji dari seluruh negara.

Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad mengkritik sikap Dubes Arab untuk Indonesia yang mengirimkan surat kepada Ketua DPR Puan Maharani terkait pernyatannya mengenai kuota haji.

Sufmi Dasco mengklaim  tak ada yang salah mengenai pernyataannya bahwa Indonesia belum pasti mendapatkan kuota haji dari Arab Saudi. 

Menurut Dasco, langkah pemerintah membatalkan penyelenggaraan haji tahun ini dinilai tepat, mengingat kepastian kuota haji untuk Indonesia yang tak kunjung datang.

Sementara itu, Direktur Wahid Foundation, Yenny Wahid dalam program Kompas Petang menyatakan dirinya dua kali bertemu dengan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia untuk menanyakan langsung soal kuota haji.

Meski sudah dilobi baik formal maupun non formal, Kerajaan Arab Saudi memang belum memastikan sikap terkait kuota haji untuk seluruh negara peserta haji.

Sebelumnya Menteri Agama mengatakan ada sejumlah pertimbangan, tidak diberangkatkannya haji dari Indonesia tahun ini. Salah satunya, kondisi pandemi covid-19 masih melanda sejumlah negara-negara di dunia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x