Kompas TV regional berita daerah

Inflasi Sumsel Rendah Saat Lebaran

Kompas.tv - 4 Juni 2021, 23:41 WIB
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Pada Mei 2021, Sumatera Selatan megalami Inflasi rendah hanya 0,01 persen. Hal itu dipengaruhi belum membaiknya daya beli masyarakat di Provinsi itu.

Badan Pusat Statistik, BPS Sumsel mencatat, pada Mei 2021 bersamaan dengan Lebaran, Sumatera Selatan mengalami Inflasi terendah hanya 0,01 persen, bahkan Palembang sebagai Kota penghitungan Inflasi di Sumsel, mengalami Deflasi sebesar 0,02 persen, terendah secara Nasional pada periode ini.

Hal itu dipengaruhi turunnya konsumsi masyarakat pada kelompok makanan dan minuman, senilai minus 0,25 persen, karena daya beli masyarakat belum membaik dengan mengurangi pengeluaran.

Selain Palembang, Inflasi Sumsel juga dihitung di Kota Lubuk Linggau yang Inflasi 0,34 persen, didominasi tarif angkutan udara dan harga daging ayam yang naik.

Secara kumulatif, hingga Mei 2021, Sumsel mengalmi Inflasi 0,84 persen dan tahunan sebesar 1,46 persen, yang rata-rata dipengaruhi naiknya harga sejumlah kelompok komoditas, seperti cabai merah, bawang merah dan daging ayam.

#Inflasi #Deflasi #BPSSumsel



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x