Kompas TV video cerita indonesia

Museum Rempah Sang Natha Wisata Edukasi Untuk Milenial

Kompas.tv - 4 Juni 2021, 21:30 WIB
Penulis : Herwanto

BALI, KOMPAS.TV - Kabupaten Buleleng yang ibu kotanya Singaraja pernah menjadi ibu Kota Sunda kecil yang mewilayahi Bali, NTB dan NTT bahkan Kabupaten diujung utara pulau Bali ini merupakan salah satu daerah di Bali yang memiliki berbagai macam tanaman rempah. 

Salah satu tanaman rempah yang cukup dikenal didaerah nyegara gunung ini adalah ce­ngkeh dan kopi. Sela­in itu banyak juga tanaman rempah yang sangat bermanfaat tu­mbuh di Kabupaten yang memiliki luas wilayah hampir sepertiga luas pulau Bali.

Untuk menjaga kelestarian tanaman rempah di Bule­leng, Made Suyasa Wi­jaya mendirikan Muse­um rempah sebagai wa­dah pemajangan aneka tanaman rempah, se­kaligus pusat informasi sebagai studi khasanah tanaman remp­ah. Museum bernama Sang Natha ini terlet­ak di Desa Mengening, Kecamatan Kubutam­bahan.

Dengan luas lahan 1,2 ha, museum ini me­miliki kurang lebih 130 jenis tanaman re­mpah. Bukan hanya ta­naman asli Buleleng dan Bali, berbagai jenis tanaman rempah dari Indonesia timur hingga India, ada di museum ini.

Museum ini telah res­mi dibuka  Asisten Administrasi Umum Setda Bu­leleng Ir. I Nyoman Genep, MT, mewakili Bupati Jumat (2­8/5). Dalam acara pe­resmian tersebut, ha­dir pula Ibu Bupati Buleleng Ir. I Gusti Ayu Mas Aries Suja­ti yang juga anggota DPRD Bali, Camat Kubutambah­an Drs. Made Suya­sa, M.Si dan Kepala Dinas PUTR Buleleng, I Putu Adiptha Eka Putra, ST.,M.M.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x