Kompas TV regional update corona

Kasus Covid-19 Meledak, Ratusan Tentara Mulai Diterjunkan ke Desa-desa di Kudus

Kompas.tv - 3 Juni 2021, 13:17 WIB
kasus-covid-19-meledak-ratusan-tentara-mulai-diterjunkan-ke-desa-desa-di-kudus
Ratusan personel Kodam IV/Diponegoro mengikuti apel di halaman Kodim 0722/Kudus, Jawa Tengah untuk diperbantukan di masing-masing koramil guna membantu meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap prokes, Rabu (2/6/2021). (Sumber: Kodam IV/Diponegoro via Kompas.com)
Penulis : Gading Persada | Editor : Purwanto

KUDUS, KOMPAS.TV- Ratusan tentara mulai diturunkan ke masyarakat untuk memantau pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) seiring meledaknya kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Hal ini seperti yang dilakukan Komando Daerah Militer (Kodam) IV/Diponegoro dengan menerjunkan 450 personelnya ke sejumlah desa di Kota Kretek tersebut.

Anggota TNI itu ditugaskan untuk membantu penegakan protokol kesehatan sebagai upaya menekan lonjakan kasus Covid-19 di Kudus.

"Nantinya, jumlah personel yang akan diperbantukan di masing-masing komando rayon militer (koramil) disesuaikan dengan jumlah wilayah di masing-masing kecamatan yang masuk zona merah," kata Komandan Kodim 0722/Kudus Letkol Kav Indarto usai apel pengecekan Satgas Penanganan Covid-19 Kudus di Kudus, Rabu (2/6/2021) malam.

Baca Juga: Kasus Positif Meledak, Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19 di Kudus sampai Masuk Daftar Tunggu

Sejumlah anggota TNI itu bakal membantu Babinsa dan Bhabinkamtibmas agar masyarakat mau menerapkan protokol kesehatan.

"Selama ini dilihat dari persentase baru 60-an persen yang patuh prokes, karena ada yang tidak percaya pada Covid-19. Secara pelan-pelan akan dilakukan pendekatan secara humanis agar patuh terhadap prokes," ujar Indarto.

Ia menyebut, ratusan personel tersebut akan ditugaskan hingga 14 Juni 2021 mendatang. Diharapkan sebelum masa tugasnya habis, kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus sudah landai.

Melansir Kompas.com, Indarto berpesan kepada para personel tersebut untuk melaksanakan tugas dengan semangat, karena mendapatkan kepercayaan mengemban tugas tersebut.

Nantinya, kata dia, juga akan menjadi pengalaman berharga karena pernah ditugaskan di Kota Kudus sebagai kota religius.

Apel pelepasan pasukan itu dipimpin langsung Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito.

Baca Juga: Lonjakan Kasus Covid-19 di Kudus, Kepala BNPB: Belum Ada Temuan Varian Baru



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x