Kompas TV regional update corona

Lonjakan Kasus Covid-19 di Kudus, Kepala BNPB: Belum Ada Temuan Varian Baru

Kompas.tv - 3 Juni 2021, 09:04 WIB
lonjakan-kasus-covid-19-di-kudus-kepala-bnpb-belum-ada-temuan-varian-baru
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito (Sumber: GAHNIYAR FEBRIAN / KOMPAS TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

KUDUS, KOMPAS.TV - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito mengungkapkan,  hingga saat ini belum ditemukan adanya virus Covid-19 baru di Kudus, Jawa Tengah.

Diketahui, Kudus kini tengah menjadi zona merah penyebaran Covid-19 setelah terjadi lonjakan kasus beberapa hari terakhir.

"Varian belum ditemukan," kata Ganip Warsito yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Ganip Warsito usai rapat dengan Bupati Kudus bersama forkompinda di command center Pendapa Kabupaten Kudus, Rabu (2/6/2021).

Ganip meyebut hingga kini pihaknya terus melakukan pemeriksaan terhadap penyebab lonjakan kasus di Kudus.

"Nantinya ada bagian tersendiri yang akan melacaknya. Nanti juga ada pendampingan dari BNPB untuk itu semua," jelas Ganip.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Kepala BNPB Bertolak ke Kudus

Lebih lanjut Kepala BNPB ini mengajak masyarakat untuk terus disiplin menjalankan protokol kesehatan.

"Kami juga akan menegakkan lagi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro dengan setegak-tegaknya," tegas dia.

PPKM mikro, lanjut Ganip menjadi strategi untuk mencegah, melaksanakan disiplin prokes, mulai dari memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak serta penyelenggaraan 3T (tracing, testing, treatment).

"Nantinya juga akan dibuatkan posko supaya satu pintu, supaya tidak ada miskoordinasi dan misinformasi supaya jalurnya satu saja," ujar Ganip.

Diketahui, Ganip bertolak ke Kudus melalui Semarang menggunakan pesawat TNI AU dari Lanud Halim Perdanakusuma di Jakarta, Rabu siang.

Baca Juga: Kasus Corona di Kudus Melonjak, 42 Desa Masuk Zona Merah

Kunjungannya ke wilayah zona merah ini di Kabupaten Kudus untuk melihat secara langsung permasalahan di lapangan, terkait adanya lonjakan kasus yang terjadi.

"Untuk melihat secara langsung apakah apa yang disampaikan dalam berita itu sesuai dengan nyatanya atau tidak,” ungkap Ganip, dikutip dari laman BNPB, Kamis (3/6/2021).

Di sisi lain, dia juga memahami bahwa kasus yang dihadapi adalah permasalahan bersama.

“Kita akan dorong semoga penanganan Covid-19 ini menjadi lebih baik dan kasus dapat dikendalikan,” imbuh dia. 

Di samping itu, Ganip juga akan melakukan asesmen pendirian Rumah Sakit Lapangan khusus Covid-19 di Kabupaten Kudus sekaligus penentuan dukungan fasilitas karantina/isolasi mandiri terpusat pada tiap-tiap kecamatan atau desa.

Baca Juga: Ganjar Minta Kabupaten/Kota Bantu Pasien Covid dari Kudus



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x