Kompas TV nasional politik

Effendi Simbolon: KSAD Andika Perkasa Paling Berpeluang Jadi Panglima TNI

Kompas.tv - 3 Juni 2021, 12:35 WIB
effendi-simbolon-ksad-andika-perkasa-paling-berpeluang-jadi-panglima-tni
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa saat konferensi pers di Mabes TNI AD, Minggu (30/8/2020). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anggota Komisi I DPR Fraksi PDI Perjuangan, Effendi Simbolon turut menyoroti isu pergantian Panglima TNI.

Seperti diketahui, hal tersebut mencuat seiiring kabar Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan purna tugas pada akhir tahun ini.

Effendi berpendapat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa paling berpeluang menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI.

"Kalau melihat dari kebutuhan TNI yang sangat mendesak di mana kita ingin konsolidasi kekuatan kita itu, memang dari tiga matra kepala staf yang memang sangat berpeluang yang punya kemampuan mempuni, ya Jenderal Andika Perkasa, Pak Kasad sekarang, walaupun kepala staf semua ini memenuhi persyaratan," kata Effendy di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/6/2021).

Baca Juga: Tiga Jenderal Kandidat Pengganti Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Siapa Saja?

Hal itu dikatakan Effendi saat disinggung awak media perihal giliran jatah Panglima TNI jika berdasarkan tradisi seharusnya diberikan kepada Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono.

Kendati demikian Effendy menuturkan tidak ada istilah jatah, mengingat semua anggota TNI dari semua matra memiliki kesempatan yang sama.

"Sebenernya tidak ada istilah jatah karena di situ kan dapat atau bisa bergiliran," jelasnya.

Sementara itu Politikus PDI-P ini mengatakan jika penunjukkan calon Panglima TNI diserahkan sepenuhnya kepada Presiden Joko Widodo, yang memiliki hak prerogatif.

Baca Juga: KSAD Andika Perkasa Marah Ada Iuran di Lembaga Pendidikan TNI AD: Awas, Siap-Siap Saja

"Kalau di TNI tidak akan jadi masalah. Tidak akan terjadi polarisasi, mereka umumnya yang bintang 3 ke atas udah mapan dari sisi mentalnya gak ada masalah," sambung dia. 

Seperti diketahui seiring bakal pensiunnya Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, belakangan ini mencuat nama-nama calon penggantinya.

Adapun tiga nama kepala staf angkatan yang muncul yakni Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono.

Lalu ada nama kepala staf angkatan dari matra lainnya, yakni Kepala Staf Angkatan Darad (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo.

Baca Juga: Video Ketegasan KSAD Andika Perkasa Viral Jelang Panglima TNI Hadi Tjahjanto Pensiun



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x