Kompas TV nasional kesehatan

8 Manfaat Konsumsi Susu, Baik Untuk Badan Hingga Menetralisir Racun

Kompas.tv - 1 Juni 2021, 11:19 WIB
8-manfaat-konsumsi-susu-baik-untuk-badan-hingga-menetralisir-racun
Ilustrasi anak minum susu (Sumber: hemofiliafed.org)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

SOLO, KOMPAS.TV - Manfaat susu untuk tubuh ternyata ada banyak dan beragam. Mulai dari menjaga tubuh tetap fit, mengandung banyak nutrisi baik, mengoptimalkan berat badan, hingga untuk menetralisir racun.

Pada 1 Juni tiap tahunnya, dikenal sebagai Hari Susu Sedunia. Peringatan itu dicetuskan pertama kali oleh Organisasi Pangan dan Pertanian dunia (FAO) pada tahun 2001.

Mulanya, peringatan ini hanya untuk merayakan sektor susu. Namun, kemudian dimanfaatkan sebagai momen untuk memperkenalkan manfaat dan produk susu ke seluruh dunia.

World Milk Day tahun ini mengambil tema Keberlanjutan. Dengan harapan kontribusi susu untuk mendukung ekosistem yang berkelanjutan, terutama memperkenalkan kembali peternakan sapi perah pada dunia.

Baca Juga: Hari Susu Sedunia, Menteri Perdagangan: Ayo, Konsumsi Susu Segar Setiap Hari

Berikut ini KompasTV rangkum manfaat susu untuk tubuh dilansir dari beragam sumber.

Manfaat minum susu untuk tubuh

1. Menjaga Tubuh Tetap Fit

Manfaat susu murni yang pertama adalah mampu menjaga sistem imunitas tubuh. Kandungan magnesium yang ada dalam susu murni bisa membuat jantung dan beberapa sistem saraf bekerja dengan baik. Magnesium juga berperan untuk mengatasi kelelahan atas aktivitas seharian yang sudah dilakukan.

2. Mengandung Banyak Nutrisi

Nutrisi yang terkandung dalam susu murni cenderung lengkap. Seorang nutrisionis asal Kanada memaparkan kandungan gizi dari susu sapi segar atau murni. Yakni memenuhi 31 persen kebutuhan vitamin D harian dalam tubuh dan 8 persen kebutuhan vitamin A harian. Susu murni juga mengandung 276 miligram kalsium dan 149 kalori yang terdiri dari 7,9 gram lemak, 7,7 gram protein, 11,7 gram karbohidrat, dan bebas serat.

3. Mendukung Pembentukan Massa Otot

Susu murni mengandung protein dan sumber energi dalam bentuk lemak jenuh. Protein yang ada dalam kandungan susu murni bisa meningkatkan pertumbuhan massa otot dan memperbaiki otot yang mengalami kerusakan. Kandungan lemak jenuh dalam susu murni juga mampu mencegah penguraian massa otot yang akan digunakan sebagai energi.

Baca Juga: Capaian Vaksinasi Lansia di Kalbar masih Rendah, 5 Kabupaten Jadi Sorotan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x