Kompas TV internasional kompas dunia

Berita AS Dibantu Denmark Sadap dan Mata-Matai Pemimpin Jerman, Swedia dan Perancis Goncang Eropa

Kompas.tv - 1 Juni 2021, 03:03 WIB
berita-as-dibantu-denmark-sadap-dan-mata-matai-pemimpin-jerman-swedia-dan-perancis-goncang-eropa
Gedung Pentagon dilihat dari atas pesawat di Washington DC, Amerika Serikat (AS). Badan Keamanan Nasional NSA Amerika Serikat dibantu Badan Intelijen Pertahanan Denmark diberitakan memata-matai para politisi senior negara tetangga, termasuk Kanselir Jerman Angela Merkel (Sumber: Xinhua/Liu Jie)
Penulis : Edwin Shri Bimo

KOPENHAGEN, KOMPAS.TV - Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat NSA dibantu Badan Intelijen Pertahanan Denmark diberitakan memata-matai para kepala negara dan politisi senior negara tetangga, termasuk Kanselir Jerman Angela Merkel, demikian dilaporkan lembaga penyiaran nasional Denmark, DR News, pada Minggu (30/05/2021) seperti dilansir Xinhua, Senin (31/05/2021)

DR News, bekerja sama dengan media Swedia, Norwegia, Jerman, dan Prancis, menemukan beberapa "kesimpulan mengejutkan" dalam investigasi internal rahasia di FE yang disebut sebagai "Operasi Dunhammer" yang selesai pada Mei 2015 lalu. 

Kesimpulan penting dalam laporan Dunhammer, menurut DR News, adalah NSA telah dengan sengaja memperoleh data sehingga dapat secara sembunyi-sembunyi memata-matai para kepala negara, para pemimpin, politisi utama negara-negara Skandinavia, dan pejabat tinggi di Jerman, Swedia, Norwegia, dan Prancis.

Menteri Pertahanan Denmark Trine Bramsen menanggapi laporan media dengan mengirim surat elektronik (surel) ke DR News, yang mengatakan pemerintahnya tidak akan "berspekulasi tentang segala jenis masalah intelijen dari pers atau lainnya ... penyadapan sistematis terhadap sekutu dekat tidak dapat diterima."

Namun, pemerintah Norwegia dan Swedia menekan pemerintah Denmark dan menuntut jawaban segera tentang dugaan spionase NSA melalui kabel Denmark.

Baca Juga: Bluetooth Ternyata Berasal dari Nama Raja Viking yang Mempersatukan Denmark dan Norwegia

Kanselir Jerman Angela Merkel. Badan Keamanan Nasional NSA Amerika Serikat dibantu Badan Intelijen Pertahanan Denmark diberitakan memata-matai para politisi senior negara tetangga, termasuk Kanselir Jerman Angela Merkel (Sumber: Xinhua/Shan Yuqi)

"Kami menuntut untuk mendapat informasi lengkap tentang hal-hal yang menyangkut warga, perusahaan, dan kepentingan Swedia. Dan kemudian kami harus melihat bagaimana jawabannya dari sisi politik di Denmark," tutur Menteri Pertahanan Swedia Peter Hultqvist kepada badan penyiaran nasional SVT pada Minggu (30/05/2021).

Namun menurut laporan DR News, informasi tentang spionase NSA melalui kerja sama dengan FE seharusnya sudah diketahui oleh sang menteri pertahanan karena detailnya termasuk dalam pernyataan empat jilid yang diterima Bramsen dari FE pada Agustus 2020.

Dalam pernyataan tersebut, FE dituduh mendapatkan dan menyebarkan informasi tentang warga Denmark, menurut media lokal.

Sang menteri dalam siaran persnya melontarkan kritik keras atas kegagalan manajemen FE untuk menindaklanjuti atau menyelidiki lebih jauh tanda-tanda spionase di area Kementerian Pertahanan.

Ada indikasi FE telah "memulai kegiatan operasional yang melanggar hukum Denmark," kata sang menteri. Setelah itu, kepala FE Lars Findsen bersama dua rekan yang lain juga telah diskors.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x