Kompas TV nasional politik

Daftar Mantan Timses Jokowi-Maruf Amin yang Jadi Pejabat BUMN, dari Abdee Slank hingga Ulin Yusron

Kompas.tv - 29 Mei 2021, 18:46 WIB
daftar-mantan-timses-jokowi-maruf-amin-yang-jadi-pejabat-bumn-dari-abdee-slank-hingga-ulin-yusron
Abdee Slank (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penunjukan Abdi Negara Nurdin alias Abdee 'Slank' sebagai Komisaris PT Telkom (Persero) TBK menambah daftar mantan tim sukses Joko Widodo dan Maruf Amin yang menjadi pejabat BUMN.

Menteri BUMN Erick Thohir mengangkat gitaris band Slank itu dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Telkom pada Jumat (28/5/2021).

Pada rapat itu, Erick juga mengganti Rhenald Kasali sebagai Komisaris Utama dengan mantan Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro.

Baca Juga: Pengamat Kebijakan Publik Kritik Erick Thohir Angkat Abdee "Slank" Jadi Komisaris Telkom

Sementara, Abdee Slank menjadi Komisaris Independen Telkom bersama Bono Daru Adji menggantikan Marsudi Wahyu Kisworo dan Chandra Arie Setiawan.

Terakhir, Erick mengangkat Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata dan Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menjadi Komisaris menggantikan Alex Denni dan Ahmad Fikri Assegaf.

Untuk diketahui, Arya Sinulingga juga adalah mantan timses Jokowi-Maruf pada 2019. Saat itu, ia menjadi juru bicara tim kampanye Pilpres.

Sejauh ini, sudah ada sekitar 20 orang mantan timses, pendukung, hingga mantan menteri Jokowi yang menjadi pejabat BUMN.

Berikut ini daftar beberapa pendukung Presiden Jokowi yang menjadi pejabat BUMN.

1. Abdi Negara Nurdin

Terkenal sebagai gitaris band Slank, Abdi Negara Nurdin dengan vokal menyatakan dukungannya untuk Jokowi sejak 2014. 

Ia ikut menginisiasi dan tampil dalam “Konser Akbar Salam 2 Jari” pada 5 Juli 2014 sebagai bentuk dukungan pada paslon Capres-Cawapres Jokowi-Jusuf Kalla bersama sejumlah musisi lain.

Jelang Pilpres 2019, Abdee kembali mendukung Jokowi dan ikut tampil dalam “Konser Putih Bersatu Menuju Kemenangan Indonesia Maju Bersama Gerakan #BarengJokowi”.

Baca Juga: Abdee Slank: Relawan Jokowi, Tolak Jadi Kepala Bekraf, Kini Komisaris PT Telkom

2. Arya Sinulingga

Arya sempat aktif menjadi politikus Partai Perindo. Ia lalu menjadi juru bicara tim kampanye Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019.

Setelah itu, Arya diangkat menjadi Staf Khusus Menteri BUMN. Ia juga menjabat sebagai Komisaris PT Inalum (Persero) sebelum menjadi Komisaris PT Telkom.

4. Rizal Mallarangeng

Adik Andi Mallarangeng ini masuk dalam tim penugasan khusus dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf Amin pada 2019.

Pada Juni 2020, Menteri BUMN Erick Thohir menunjuknya sebagai Komisaris PT Telkom.

5. Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x