Kompas TV regional berita daerah

Panen Raya Sawo, Komoditi Buah Lokal Kabupaten Klungkung Yang Digemari

Kompas.tv - 29 Mei 2021, 15:13 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Klungkung, KOMPAS.TV -  Kabupaten Klungkung Memiliki Satu Komoditi Buah Lokal ,Yakni Buah Sawo Yang Sudah Terdaftar Sebagai Varietas Lokal Di Kementerian Pertanian. Saat Ini Memasuki Musim Panen Raya Hingga Bulan Juni Depan, Atau Selama Satu Sampai Dua Bulan Masa Panen. 

Proses Panen pun Membutuhkan Kehati-Hatian Dan Ketelitian. Untuk Mendapatkan Buah Yang Siap Panen Dan Tidak Terjatuh Saat Panen Karena Buah Akan Rusak Dan Tidak Bisa Dijual Kepasaran. 

Salah Satu Petani Sawo, Ni Ketut Wenten Menuturkan, Dalam Kurun Satu Tahun Ada Dua Kali Musim Panen, Yang Paling Banyak Dibulan Mei – Juni Tergantung Dari Cuaca. 

Untuk Harga, Saat Ini Terbilang Cukup Baik Yakni Rp 10 Ribu Perkilogram Ditingkat Petani. Sementara, Untuk Pengembangan Sawo Yang Mulai Terkikis Lahan, Masih Bisa Bertahan Disejumlah Kebun Warga Dan Secara Khas Banyak Ditanam Di Halaman Rumah Warga. 

Perbekel Atau Kepala Desa Dawan Klod , I Nengah Suardita menyebutkan, Panen sawo Klungkung ini Sangat Membantu Perekonomian Warga Setempat, Utamanya Untuk Kebutuhan  Sehari-Hari Mereka Mampu Tercukupi Dari Hasil Sawo.

Untuk Melindungi Buah Lokal Sawo, Saat Ini Disepanjang Jalan Desa Dan Area Lapangan Tanaman Sawo Khas Dawan Klungkung Masih Berbuah Manis, Yang Mana Hasilnya Digunakan Untuk Kegiatan Kepemudaan Desa Setempat. 

#buahsawo #sawoklungkung #panenraya

Share dan Subscribe channel Youtube kami di Kompastvdewata
......
......
Sosial media Facebook DI Kompastv Dewata Bali 
.....
.....
Instagram @Kompastvbalidewata
.....
.....
Saksikan tayangan lengkap kami di Televisi channel 23 UHF KompasTV dewata setiap hari di jam 05.30 WITA - 08.00 WITA



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x