Kompas TV nasional peristiwa

Kabaintelkam Bongkar Identitas KKB yang Aktif: Mereka Bertanggung jawab atas Kekerasan di Papua

Kompas.tv - 29 Mei 2021, 08:53 WIB
kabaintelkam-bongkar-identitas-kkb-yang-aktif-mereka-bertanggung-jawab-atas-kekerasan-di-papua
Ilustrasi sejumlah anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua tampak membawa senjata. (Sumber: Istimewa via TribunPapua.)
Penulis : Gading Persada | Editor : Iman Firdaus

PAPUA, KOMPAS.TV- Insiden teror dan kekerasan terus terjadi di Papua. Kabaintelkam Komjen Pol Paulus Waterpauw mengakui hal tersebut terus terjadi lantaran masih adanya kelompok-kelompok KKB yang masih aktif di Bumi Cenderawasih.

Ia pun mengungkapkan identitas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua yang masih aktif melakukan teror.

Paulus Waterpauw mencatat sedikitnya ada sembilan KKB Papua yang masih aktif. Namun, ada pula kelompok-kelompok yang telah memutuskan tidak aktif melakukan aksi gangguan keamanan di Papua.

"Gerakan separatis saat ini masih terus menyebarkan gerakannya sendiri dengan ingin kemerdekaan melalui kekerasan bersenjata," kata Paulus dalam diskusi daring, Jumat (28/5/2021).

Baca Juga: Terus Buru Teroris KKB di Papua, Masa Operasi Satgas Nemangkawi Bakal Diperpanjang Enam Bulan

Kesembilan kelompok teroris yang masih aktif, sebut Paulus, adalah kelompok Sabinus Walker, Undius Kogoya, dan Lewis Kogoya yang biasa aktif di daerah Intan Jaya Papua.

Kemudian, kelompok Goliat Tabuni, Lekagak Telenggen, Peni Murib dan Ando Waker yang biasa melakukan teror di sekitar Puncak Papua.

Selanjutnya, kelompok Joni Botak yang biasa aktif di Mimika Papua dan kelompok Egianus Kogoya yang biasa beroperasi di Nduga Papua.

Menurut mantan Kapolda Papua itu, dua kelompok teroris KKB Papua yang tak aktif adalah Mathias Wenda yang biasa beroperasi di Wutung dan Puron Wonda dan Endem Wanimbo yang biasa beraksi di Lanny Jaya.

“Ada tokoh-tokoh tua, Mathias Wenda itu sudah tidak aktif. Puron Wonda dan Endem Wanimbo juga sudah tidak aktif,” ungkap jenderal bintang tiga tersebut.

Baca Juga: Tanggapi Tantangan Perang Pimpinan KKB, Kapolda Papua: Kita Kedepankan Cara Persuasif



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x