Kompas TV nasional sosial

Kemendikbud Ristek dan TNI AL Teken Kerja Sama Beasiswa Pendidikan Buat Anak Awak KRI Nanggala 402

Kompas.tv - 25 Mei 2021, 23:30 WIB
kemendikbud-ristek-dan-tni-al-teken-kerja-sama-beasiswa-pendidikan-buat-anak-awak-kri-nanggala-402
Kemendikbud Ristek bersama TNI AL melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) terkit pemberian beasiswa unggulan bagi putra-putri para awak KRI Nanggala 402 (Sumber: Biro Humas Kemendikbud Ristek)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) bersama TNI AL melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) terkit pemberian beasiswa unggulan bagi putra-putri para awak KRI Nanggala 402

Penandatanganan PKS yang dilakukan di Mabes TNI AL di Cilangkap, Jakarta Timur ini disaksikan Mendikbud Ristek Nadeim Makariem dan KSAL Laksamana TNI Yudo Margono melalui sambungan konferensi video, Selasa (25/5/2021).

Dalam sambutannya, Nadiem menjelaskan, PKS beasiswa unggulan ini merupakan langkah kongkrit dari arahan Presiden Joko Widodo yakni memberikan perlindungan, jaminan pendidikan kepada putra-putri awak KRI Nanggala 402.

Baca Juga: Kemendikbudristek Berkomitmen Berikan Beasiswa Kepada Anak hingga Balita Korban KRI Nanggala-402

Nantinya beasiswa yang diberikan mulai dari tingkat pendidikan dasar sampai dengan strata satu di perguruan tinggi Indonesia.

“Bantuan ini tidaklah sepadan dengan pengabdian dan pengorbanan para awak KRI Nanggala 402. Namun semoga dapat meringankan beban dan dapat memperluas kesempatan anak-anak untuk meneruskan cita-cita dan berprestasi sebagai generasi penerus bangsa,” ucap Nadiem.

Di kesempatan yang sama, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan PKS ini merupakan amanat Presiden.

Yakni sebagai wujud penghargaan yang tinggi atas dedikasi, loyalitas, dan pengabdian awak kapal yang telah diberikan kepada bangsa dan negara.

KSAL berharap, beasiswa ini dapat memberi manfaat yang besar bagi keluarga awak KRI 402 untuk meringankan beban keluarga dalam memastikan pendidikan bagi putra-putri mereka.

Baca Juga: Penampakan Serpihan Komponen KRI Nanggala yang Berhasil Diangkat ke Permukaan

“Saya harap penandatanganan ini dapat menjadi pedoman dalam pelaksanaan hak dan kewajiban sesuai dengan perjanjian kerja sama yang disepakati untuk menyalurkan, memantau, dan mengevaluasi pemberian Beasiswa Unggulan bagi putra-putri awak KRI Nanggala 402,” ujar KSAL Yudo.

Merujuk pada ruang lingkup PKS disebutkan bahwa beasiswa unggulan penghargaan diberikan bagi 86 anak dari 53 awak KRI Nanggala 402 dengan nilai total PKS sebesar Rp33.251.200.000 yang akan disalurkan secara bertahap hingga tahun 2044.

Baca Juga: Temui Keluarga Awak KRI Nanggala 402, Jokowi Janjikan Rumah dan Beasiswa

Adapun komponen beasiswa terdiri dari biaya pendidikan, biaya hidup, dan biaya buku untuk menempuh pendidikan formal dari jenjang pendidikan dasar hingga perguruan tinggi strata satu di satuan pendidikan di Indonesia.

Penandatanganan PKS ini dilakukan oleh pelaksana tugas (plt) Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Ainun Na’im bersama Asisten Personel Kasal, Laksamana Muda TNI Irwan Achmadi berdasarkan surat perintah KSAL.

Turut hadir secara daring dalam acara ini adalah para pejabat di lingkungan Kemendikbudristek, jajaran pimpinan TNI AL, serta keluarga awak KRI Nanggala 402.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x