Kompas TV regional berita daerah

Puluhan Warga Binaan Dan Pegawai Lapas Terpapar Covid-19

Kompas.tv - 25 Mei 2021, 16:53 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KENDAL, KOMPAS.TV - Puluhan warga binaan di Lapas Kelas IIA Kendal dan Lapas Terbuka Kelas IIA Kendal, positif terkonfirmasi Covid-19. Bahkan penularan juga menyebar ke kepala dan pegawai lapas. 

Klaster Covid-19 di Lapas Kendal, Jawa Tengah, terjadi setelah sebelumnya pegawai Lapas Kelas II A Kendal menjalani swab mandiri di sebuah klinik. Hasil swab menunjukan pegawai lapas tersebut positif Covid-19 dan sejumlah warga binaan mengalami gejala.

Dari hasil tracing yang dilakukan dinas kesehatan kepada orang yang kontak dengan pegawai yang positif, ditemukan ada 31 orang positif Covid-19 di Lapas Kelas II A Kendal. Hal yang sama juga dilakukan di Lapas Terbuka Kelas II A Kendal, dimana hasil tracing menemukan sembilan orang positif termasuk warga binaan dan pegawai lapas.

Kepala Dinas Kesehatan Kendal, Ferinando Rad Bonay membenarkan jika klaster Covid-19 di lapas terjadi setelah hasil tracing dari puskesmas setempat. Penyebaran Covid-19 diduga dari pegawai yang melakukan swab mandiri dan hasilnya positif. 

Puluhan orang yang positif dari klaster Lapas Kendal ini, kini menjalani isolasi mandiri di ruangan lapas terpisah. Dinas Kesehatan akan terus melakukan swab kepada warga binaan lainnya, untuk mengetahui penyebaran Covid-19 di lingkungan lapas.

#Covid19 #DinasKesehatanKendal #LapasKelasIIAKendal

 


 


 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x