Kompas TV nasional sosial

Kemnaker Imbau Tenaga Kerja Harus Punya Keterampilan Sebelum Merantau ke Kota

Kompas.tv - 23 Mei 2021, 22:10 WIB
kemnaker-imbau-tenaga-kerja-harus-punya-keterampilan-sebelum-merantau-ke-kota
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah (Sumber: Kemnaker)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah mengantisipasi fenomena urbanisasi yang biasanya terjadi usai Lebaran.

Menurutnya, saat ini kota besar masih menjadi magnet bagi para pencari kerja. Namun, yang masih menjadi masalah adalah tekad merantau dari desa ke kota tidak sebanding dengan keterampilan kerja yang dimiliki.

"Kita ketahui bersama bahwa tiap tahun fenomena urbanisasi terjadi. Dan kita tidak ingin urbanisasi menimbulkan masalah baru karena ketiadaannya keterampilan pekerja  yang dibutuhkan pasar kerja,” kata Ida di Jakarta, dikutip Kompas.tv pada Minggu (23/5/2021).

Urbanisasi tanpa persiapan matang, menurut Ida hanya akan menimbulkan masalah baru. Misalnya angka pengangguran yang terus meningkat.

Baca Juga: Khawatir Bakal Terus Dilemahkan, Saut Situmorang Ajak Publik Kawal Nasib 75 Pegawai Tak Lolos TWK

Untuk mengantisipasi hal itu, Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) terus menggulirkan program peningkatan kompetensi agar masyarakat memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri.

Sejumlah pelatihan bisa diikuti dengan cara mendaftarkan diri ke Balai Latihan Kerja (BLK) di daerah masing-masing.

Selain pelatihan peningkatan produktivitas, ada pula sertifikasi kompetensi dan bursa kerja online (job fair).

Tujuannya, tidak hanya membuat tenaga kerja siap terjun ke kota besar, namun juga bisa membangun usaha di daerah sendiri.

Baca Juga: Pemudik Jalani Tes Antigen Acak Di Terminal Palembang

"Melalui berbagai program ini, kami inginkan agar masyarakat memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri yang ada di daerah masing-masing, sehingga tidak perlu mencari pekerjaan ke kota-kota besar," katanya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x