Kompas TV nasional sosial

Khawatir Bakal Terus Dilemahkan, Saut Situmorang Ajak Publik Kawal Nasib 75 Pegawai Tak Lolos TWK

Kompas.tv - 23 Mei 2021, 21:15 WIB
khawatir-bakal-terus-dilemahkan-saut-situmorang-ajak-publik-kawal-nasib-75-pegawai-tak-lolos-twk
Logo Komisi Pemberantasan Korupsi di Gedung Baru KPK, Kuningan, Jakarta Selatan. (Sumber: KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisioner KPK periode 2015-2019, Saut Situmorang, mengajak masyarakat untuk terus mengawal nasib 75 pegawai KPK yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK). 

Meski Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meminta agar hasil TWK tidak dijadikan dasar untuk memberhentikan pegawai, Saut mengaku masih mengkhawatirkan posisi 75 pegawai tersebut di lembaga antirasuah. 

"Kalau misalnya mereka tetap diterima sesuai perintah presiden, kita masih akan melihat mereka mau ditaruh di mana?" kata Saut saat diskusi daring pada Minggu (23/5/2021). 

Saut mengaku khawatir apabila 75 pegawai yang tak lolos TWK itu harus mengurusi hal-hal yang tidak relevan dengan pekerjaannya.

Baca Juga: Tak Ragukan Wawasan Kebangsaan 75 Pegawai Tak Lolos TWK, Eks Pimpinan KPK: Lihat Portofolionya!

"Sehingga mereka tidak perform, dikondisikan untuk mereka lemah dan terus kemudian mereka ke luar (dari KPK)," ucap Saut. 

Mantan pimpinan KPK ini kemudian mengingatkan bahwa sejumlah pegawai yang terlebih dulu memutuskan keluar dari KPK juga pernah dibuat tidak nyaman saat melakukan pekerjaan di lembaga antikorupsi itu. 

"Jangan lupa semua pegawai KPK yang sudah keluar selama ini karena mereka sudah mengalami itu. Mereka hopeless dan kemudian ke luar," ucap Saut. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Turun Tangan Atasi Kisruh KPK - Opini Budiman

Melihat hal itu, Saut meminta agar seluruh masyarakat dapat mengawal terus terkait 75 pegawai KPK yang dinilai tidak memenuhi syarat TWK.

"Mari kita terus mengawal ini," kata Saut. 

Sebelumnya, pimpinan KPK mengungkapkan akan berkoordinasi dengan Menpan RB dan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk merancang tindak lanjut 75 pegawai tersebut.

Ketua KPK, Firli Bahuri, mengungkapkan akan membahas nasib 75 pegawai yang tidak lolos TWK bersama lembaga terkait, pada Selasa (25/5/2021). 

Baca Juga: MAKI Ingatkan Firli Bahuri Tidak Punya Dasar Penonaktifan 75 Pegawai KPK



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x