Kompas TV nasional politik

Survei Puspoll Capres 2024, Elektabilitas Prabowo Subianto Unggul, Disusul Anies Kemudian Ganjar

Kompas.tv - 23 Mei 2021, 21:48 WIB
survei-puspoll-capres-2024-elektabilitas-prabowo-subianto-unggul-disusul-anies-kemudian-ganjar
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (Sumber: KOMPAS.COM/RODERICK ADRIAN MOZES)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Eksekutif Puspoll Indonesia Muslimin Tanja mengungkap hasil survei terkait calon presiden (capres) 2024.

Hasilnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menempati urutan pertama dalam popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas.

Muslimin menyebut elektabilitas Prabowo Subianto yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan mencapai 20,9 persen.

"Seandainya dilakukan pemilihan presiden hari ini, siapa yang akan dipilih untuk menjadi presiden. Jadi, dari 22 nama yang kami uji, penilaian tertinggi itu ada di nama pak Prabowo. Ada 20,9 persen yang mengatakan akan memilih pak Prabowo jika pemilihan presiden digelar masa survei digelar 20-29 April 2021," ujar Muslimin, dalam rilis survei 'Menakar Peluang Capres 2024 dan Tantangan Poros Islam', Minggu (23/5/2021).

Prabowo mengalahkan sejumlah nama lainnya seperti Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil; Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo; hingga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno.

Adapun di antara nama-nama tersebut, yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil hingga Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Baca juga: Anies di Posisi Puncak Survei Capres 2024 Versi ARSC, Prabowo Nomor Dua, Ganjar Ketiga

Muslimin menyebut Anies berada di posisi kedua dengan elektabilitas sebesar 15,4 persen.

Setelahnya ada Ganjar (13,8 persen), Sandiaga (7,1 persen), serta Ridwan Kamil dan AHY (masing-masing 4,9 persen).

Puspoll Indonesia juga mencoba simulasi dengan tiga nama teratas. Hasilnya tetap, Prabowo lebih unggul dari Anies dan Ganjar.

Prabowo mendapatkan 27,6 persen, Anies Baswedan 25,5 persen, dan Ganjar Pranowo 22,0 persen.

"Dari simulasi 3 nama, ada kecenderungan Pak Prabowo relatif lebih stagnan atau lebih sedikit mendapat tiupan suara dari nama-nama tokoh yang diuji tadi, tapi tiupan suara ke Anies Baswedan dan Ganjar," kata Muslimin.

Lebih lanjut, dari kategori kepantasan menjadi capres, Prabowo juga mendapat perolehan tertinggi dengan 66,2 persen.

Disusul Anies 60,1 persen; Sandiaga 50,8 persen; Ridwan Kamil 45,8 persen; dan Ganjar Pranowo 43,4 persen.

Baca juga: Ada Ibu Susi sampai Istri Jokowi Muncul sebagai Capres Perempuan dari Survei ARSC, Kamu Pilih Siapa?

"Tingkat pengenalan masing-masing tokoh kalau kita lihat di grafik itu pak Prabowo sudah mencapai 93 persen. Artinya, kalau dalam statistik atau survei ini sebenarnya angka yang sudah mentok; maksimal," kata Muslimin.

Pengumpulan data survei Puspoll Indonesia dilakukan sejak 20-29 April 2019 melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terstruktur di 34 provinsi.

Sampel survei dipilih secara acak dengan meyode penarikan sampel acak bertingkat dengan jumlah sampel sebanyak 1.600 responden dan margin of error 2,45 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x