Kompas TV internasional kompas dunia

Sentuhan Cerdas Firma Arsitek Indonesia dalam Desain MediaCity Mauritius

Kompas.tv - 22 Mei 2021, 15:06 WIB
sentuhan-cerdas-firma-arsitek-indonesia-dalam-desain-mediacity-mauritius
Tampilan perspektif dari desain MediaCity Mauritius rancangan MorphAsia. (Sumber: MorphAsia)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebuah proyek hub industri media dan kreatif di Afrika yang bertajuk MediaCity Mauritius, berhasil dirancang oleh salah satu firma arsitek di Indonesia, yakni MorphAsia.

Pendiri sekaligu General Manager MediaCity Mauritius, Najib Gouiaa mempercayakan proyek tersebut kepada MorphAsia lantaran memiliki pengembangan desain yang cerdas dan berkelanjutan.

"MediaCity ini dibangun dengan tujuan untuk merespons tumbuhnya kebutuhan generasi yang sangat paham digital dan juga mendukung semakin majunya industri kreatif online di Afrika," kata Najib dalam keterangan tertulisnya, Jumat (21/05/2021).

Baca Juga: Mesjid Cheng Ho Dengan Arsitektur China

Sementara itu, Principal MorphAsia, Glenn Hartanto menjelaskan proses perancangan yang dijalankan timnya dimulai dengan riset mendalam mengenai konteks budaya, dan iklim di Mauritius.

Dari hasil riset tersebut, kemudian dilanjutkan dengan membuat proposal desain yang mengombinasikan desain modern ikonik dan sensitif terhadap alam.

Glenn menuturkan, langkah ini sudah menjadi karakter MorphAsia dalam memulai setiap proses desain.

Dengan mempelajari konteks secara sensitif, meramu keputusan desain dalam rangka membentuk tipologi yang tepat, dan menjawab kebutuhan serta tuntutan desain bangunan.

Terlebih, menurut Glenn, letak MediaCity akan mendedikasikan area yang luas untuk ruang terbuka hijau karena berada di dalam master plan BeauPlan Smart City.

Baca Juga: Arsitektur Masjid Al hidayah di Malang Menyerupai Hagia Sophia di Turki

Oleh karena itu, MorphAsia pun merancang courtyard garden di tengah bangunan MediaCity, supaya menjadi bagian integral dari keseluruhan konsep arsitektur modern yang diterapkan.

Selain itu, masa dan orientasi bangunan juga dibuat seakan muncul dari dalam tanah dan membingkai courtyard garden di tengah bangunan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x