Kompas TV nasional wisata

Benahi Jalur Pantai Selatan Jawa, Menteri PUPR: Pemandangannya Indah, Banyak Objek Wisata

Kompas.tv - 20 Mei 2021, 17:47 WIB
benahi-jalur-pantai-selatan-jawa-menteri-pupr-pemandangannya-indah-banyak-objek-wisata
Pekerjaan peningkatan kamantapan Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa sepanjang 1.604 kilometer yang membentang dari Provinsi Banten hingga Jawa Timur, terus dikebut. (Sumber: Kementerian PUPR)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV –  Pemerintah tengah membenahi jalur pantai selatan Jawa untuk menggerakkan wisata dan menekan kesenjangan ekonomi dengan wilayah pantai utara Jawa.

Peningkatan kualitas jalur pantai selatan Jawa sepanjang 99,6 kilometer ditargetkan selesai pada Februari 2023.

Peningkatan kualitas jalan itu meliputi 9 ruas/seksi

Di antaranya Ruas/Seksi 1 dan 2 di wilayah Jawa Tengah sepanjang 10,65 km dan Seksi 3, 4, 5 di wilayah DI Yogyakarta sepanjang 17,32 km.

Selain itu, Seksi 6, 7, 8, 9 di wilayah Jawa Timur sepanjang 71,69 km.

Melansir dari Kompas.id (20/5/2021), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono mengatakan, peningkatan kondisi jalan pantai selatan Jawa diharapkan dapat menjadikannya sebagai jalur wisata di pesisir pantai selatan serta memperlancar konektivitas Pulau Jawa bagian selatan.

Upaya itu untuk mengurangi kesenjangan dengan wilayah pantai utara (pantura) Jawa yang potensi ekonominya lebih maju.

“Kita terus promosikan Jalur Pansela (Pantai Selatan) Jawa supaya orang tertarik lewat selatan. Sebab, tidak hanya jalannya yang bagus, tetapi juga memiliki pemandangan yang indah dan terdapat banyak obyek wisata,” kata Basoeki, dalam siaran pers, Rabu (19/5/2021).

Baca Juga: Memasuki Pemberlakuan Larangan Mudik, Empat Titik Jalur Lintas Selatan di Kebumen akan Disekat

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali, Kementerian PUPR, Achmad Subki mengatakan, pembangunan jalan pantai selatan di Jawa Timur terbagi menjadi empat seksi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x